Pahami Fungsi Child Lock Demi Keamanan Anak Di Dalam Mobil

Pahami Fungsi Child Lock Demi Keamanan Anak di Dalam Mobil – Car Information Complete
Pahami Fungsi Child Lock Demi Keamanan Anak di Dalam Mobil

Pahami Fungsi Child Lock Demi Keamanan Anak di Dalam Mobil

Auto2000.co.id – Membawa anak kecil saat perjalanan jauh di dalam mobil memang bukan perkara mudah. Apalagi bila anak-anak anda sudah mulai aktif serta punya rasa ingin tahu yang besar.

Sebenarnya tidak ada yang salah karena itu merupakan sifat alami anak kecil. Namun bagaimana bila ia menyentuh tuas pembuka pintu? Bisa bahaya kan?

Seperti diketahui, meski sudah dikunci melalui central lock, namun tetap saja penumpang bisa membukanya sendiri dari dalam. Kondisi ini akan sangat berisiko bila dilakukan oleh anak-anak, apalagi saat mobil sedang berjalan.

BACA JUGA : Spesial di Hari Ibu, Auto Car Information Complete Sediakan Hadiah Voucher Belanja Untuk 22 Pemenang

Beruntung Toyota sudah mengantisipasi risiko ini dengan melengkapi fitur child lock. Menurut Suparna, Kepala Bengkel Auto Car Information Complete Salemba, child lock merupakan sistem penguncian manual yang diciptakan agar pintu pada baris kedua tidak bisa dibuka dari dalam.

“Child lock merupakan fitur untuk mengunci pintu mobil melalui tuas tambahan. Saat diaktifkan, otomatis pintu tidak akan bisa dibuka dari dalam,” terangnya.

“Bagi yang suka berpergian membawa anak kecil, fitur ini sangat dibutuhkan untuk mencegah risiko celaka,” kata Suparna.

Suparna menjelaskan, biasanya anak di atas usia dua tahun memang cenderung aktif dan memiliki rasa ingin tahu yang besar. Kondisi ini akan sangat berbahaya bila sedang di dalam mobil tanpa ada pengawasan orang tua.

BACA JUGA : Inilah Tips Cara Berkendara Aman dan Nyaman di Jalan Tol Trans Jawa

Untuk fitur child lock sendiri bisa diaktifkan melalui tuas kecil berbentuk huruf L yang biasanya ada di pinggir pintu baris kedua, baik sisi bagian kiri maupun kanan. Cara untuk mengaktifkannya, tinggal menggeser tuas tersebut.

Setelah digeser, wajib dipastikan fitur ini bekerja. Anda tinggal masuk ke dalam lalu coba untuk membuka pintunya. Bila tidak bisa, berarti fitur ini sudah bekerja dan hanya bisa dibuka dari luar.

“Kalau child lock diaktifkan, meski pengemudi sudah membuka tombol kunci pintu dari central, tetap pintu baris kedua tidak akan bisa dibuka dari dalam,” jelasnya lagi.

“Semua produk Toyota umumnya sudah dilengkapi dengan perangkat keselamatan ini, karena memang untuk mencegah risiko, terutama bagi anak-anak,” tutup Suparna.

Source: auto2000.co.id

Komentar