Toyota Perkenalkan All New Yaris 2012

Toyota Perkenalkan All-New Yaris 2012 – Car Information Complete

Toyota Perkenalkan All-New Yaris 2012

TORRANCE, KOMPAS.com – Toyota Motor Corporation (TMC) memperkenalkan All-New Yaris atau Yaris 2012 yang akan dipasarkan di Amerika Utara. Untuk Eropa sendiri sudah diperkenalkan bulan lalu.

Untuk pasar Amerika Utara, diperkenalkan dua model, yaitu Yaris lima dan tiga pintu masing-masing dengan varian (berdasarkan level), L (standar), LE (menengah) dan SE (Sport).

Menurut Yaris 2012 ini lebih 75mm dari versi yang sekarang ini. Sedangkan ketinggian atapnya diturunkan 15 mm. Interior juga dirancang ulang sehingga menghasilkan ruang bagasi lebih lega. Malah untuk versi 5 pintu, volume ruang bagasi bertambah 68 persen dibandingkan dengan Yaris yang dipasarkan sekarang sekarang ini. Ruang untuk penumpang juga menjadi lebih lega.

Meter di Tengah
Untuk membuat interior lebih senyap, diberitakan Toyota menggunakan bahan fabric yang lebih bagus dengan sekat yang lebih baik. Bahan dasar dashboard juga diganti dan sekarang ini terasa lebih empuk ketika disentuh.

Setir tetap paling tiga dengan grip lebih besar plus ornamen silver di bagian jari-jari. Bagian bawah dari setir lebih rata sehingga tidak lagi menghalangi dengkul pengemudi. Konon desain baru ini diadopsi dari mobil balap.

Tak kalah menarik, Yaris 2012 tidak lagi menggunakan meter kombinasi yang berada di bagian tengah dashboard, tetapi sudah dipindahkan ke depan pengemudi (model konvensional). Perubahan dilakukan karena cukup banyak konsumen kurang menyukai panel instrumen di tengah, termasuk di Indonesia.

Intrumen tidak hanya dilengkapi dengan twin tripmeter dan jam, juga suhu di luar, informasi pemakaian bahan bakar, kecepatan rata-rata dan indikator Eco-Driving.
Untuk tipe L, sandaran jok belakang lipat dalam satu bagian. Sedangkan LE dan SE dibagi 60/40. Ruang bagasi diperpanjang 145 mm dan juga lebih lebar 53 mm.

Mesin
Untuk mesin, tetap berkapasitas 1,5 liter, 16 katup, empat silinder DOHC dengan VVT-i dengan kemampuan sama seperti mesin yang digunakan sekarang ini. Mesin Yaris yang dipasarkan di Amerika menghasilkan 106 PS @6.000 rpm (versi Indonesia 109 PS) dan torsi 14,2 kgm @4.200 rpm (Indonesia 14,4 kgm) yang dinilai cukup kompetitif.

Dijelaskan pula, transmisi otomatik 4-percepatan yang baru lebih ringan sehingga konsumsi bahan bakar juga lebih irit. Sedangkan untuk tipe L dan SE ditawarkan dengan transmisi manual 5-percepatan. Versi sport, diameter ban dan roda diganti dari 15 ke 16 sehingga tampil lebih gaya. Varian ini hanya untuk model 5 pintu.
Di Amerika Serikat, Yaris tiga pintu dibanderol mulai dari 14.115 dollar AS (Rp 120 juta) dengan transmisi otomatik 5-percepatan, sedangkan SE lima pintu 17.200 dollar sekitar Rp 146 juta untuk transmisi otomatik 4-percepatan, merupakan level termahal.

Indonesia
Untuk Asean belum ada kabar kapan Yaris 2012 akan diperkenalkan dan dipasarkan secara pasti. Namun cukup menarik adalah ungkapan dari CEO Auto Car Information Complete, Jodjana Jody beberapa waktu lalu. “Saya yakin, nanti Yaris akan menjadi nomor satu di Indonesia mengalahkan kompetitornya sekarang ini. Penampilannnya lebih menarik,” jelasnya tanpa menyebut All-New Yaris.

Saat ini, di segmen kompak medium, Yaris masih berada di bawah bayang-bayang Honda Jazz. Namun perbedaannya sudah sangat tipis. Selama 2011, Honda melaporkan penjualan ritel Jazz sudah mencapai 11.358 unit, sedangkan Yaris 10.675 unit.

Di segmen ini cukup banyak merek bertarung dengan pangsa pasar yang tidak begitu besar. Kompak medium hatchback hanya memperoleh pangsa 10,6 persen untuk kategori kendaraan penumpang atau 7,4 persen untuk seluruh jenis kendaraan yang terjual di Indonesia selama 2011.

Merek-merek yang bertarung di segmen ini adalah Chevrolet Aveo, Daihatsu Sirion, Ford Fiesta, Geely MK2, Honda Jazz, Hyundai Grand Avega, Hyundai i20, Kia Pride, Mazda2, Nissan Livina 1.5, Nissan X-Gear 1.5, Peugeot 206, Proto Gen2, Proton Neo, Suzuki Swift, Suzuki Sx-4 dan VW Polo.

Sumber: KOMPAS.com

Source: auto2000.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Paham Arti Kode Di Dinding Ban Supaya Tidak Salah Pilih Dan Celaka

Auto Family Sudah Tahu Arti Dari Kode Oli Ini

Penting Atau Tidak Peran Defogger Ketika Musim Hujan