3 Gejala Kanvas Kopling Mobil Tipis

3 Gejala Kanvas Kopling Mobil Tipis

3 Gejala Kanvas Kopling Mobil Tipis

Sebagai patokan kapan waktu untuk mengganti kanvas kopling, Auto Family bisa melihat dari ciri atau gejala yang muncul. Jadi jangan gunakan Kilometer atau periode waktu sebagai patokan saat akan mengganti kanvas kopling. Tapi gantilah kanvas kopling kalau gejala kanvas tipis muncul.

Apa saja gejalanya ?

  • Sulit masuk gigi

Ketika tuas transmisi susah dipindahkan pada posisi berapa pun, bukan berarti ada masalah pada transmisinya. Karena itu justru banyak disebabkan karena faktor kopling yang mulai tipis.

BACA JUGA : Special Service Campaign Toyota Rush di Auto Car Information Complete Pandeglang

Alasannya, ketika ada masalah pada kopling seperti kanvas kopling yang tipis maka kopling akan lebih sulit terbebas. Sehingga gigi transmisi terasa sulit untuk dipindahkan.

  • Kopling terasa lebih tinggi

Baru menginjak sedikit saja, mesin sudah meraung. Itu merupakan tanda berikutnya, kalau kanvas hampir habis maka mesin mudah sekali selip. Sehingga baru menekan pedal kopling sedikit saja, sudah terjadi selip pada kopling yang menyebabkan mesin meraung.

BACA JUGA : Auto Car Information Complete Pandeglang Beri Bunga Nol Persen

  • Mobil mengalami penurunan performa

Ini merupakan tanda yang paling dirasa, ketika kanvas kopling habis maka performa mobil akan mengalami penurunan. Dari mulai akselerasi, kalau biasanya untuk mencapai kecepatan 60 KM/jam bisa ditempuh dalam waktu 5 detik, maka ini bisa molor sampai 8 hingga 10 detik.

Tanda penurunan performa lainnya akan sangat terlihat ketika mobil menanjak, bisa dipastikan mobil tidak akan kuat meski Auto Family sama sekali tidak menginjak pedal koplingnya.

BACA JUGA : Saat digas ngempos perhatikan hal ini

Disarankan kalau tanda-tanda tersebut muncul segera ganti kanvas kopling, karena kalau terlambat maka masalah bisa menjalar ke komponen lainnya.

Lakukan perawatan berkala setiap 6 bulan atau 10.000 km sekali agar kendaraan selalu dalam kondisi yang prima hanya di Auto Car Information Complete Pandeglang.

(Arif Krisna K)

Auto2000

Komentar