Kijang Innova Berjaya Mendominasi Pasar 4x2 Medium Mpv

Kijang Innova Berjaya Mendominasi Pasar 4×2 Medium MPV – Car Information Complete

Kijang Innova Berjaya Mendominasi Pasar 4×2 Medium MPV

Jakarta – Kendati persaingan di kelas mobil penumpang 4×2 semakin ketat dengan munculnya produk-produk baru, mobil keluarga Indonesia – Kijang Innova di bulan Maret 2007 tetap berjaya memimpin pasar dengan angka penjualan dan pangsa pasar jauh di atas para pesaingnya, yaitu pangsa pasar sebesar 83,7% atau sebanyak 3.792 unit. 

Selain penjualan Kijang Innova yang meningkat 257% dari penjualan bulan sebelumnya, peningkatan besar juga dialami oleh Fortuner 4×2 (naik 244%), Fortuner 4×4 (naik 200%), serta Avanza dan Yaris yang bulan lalu memimpin pasar 4×2 Medium Mini. Sementara itu, dilihat dari total penjualan, bulan Maret PT Toyota-Astra Motor tetap memimpin pasar otomotif nasional dengan perolehan market share 38% dan penjualan 12.890 unit. Maret, penjualan nasional adalah sebesar 33.905 unit. 

“Pasar Otomotif Nasional bulan Maret ini memang membaik dari bulan sebelumnya, dengan peningkatan sebesar lebih dari 42%. Begitu juga dengan penjualan produk-produk Toyota yang mengalami peningkatan lebih besar, yaitu sekitar 60%. Dengan demikian, kumulatif market share TAM 2007 sejauh ini adalah lebih dari 36%,” ungkap Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor. Penjualan kumulatif TAM adalah 30.477 unit dan penjualan nasional secara total adalah 84.511 unit. 

Tak hanya terus berusaha menyediakan produk-produk berkualitas bagi pasar Indonesia, TAM juga terus berusaha meningkatkan kualitas dan jenis layanan demi menciptakan the best total ownership experience bagi para pelanggannya. Awal bulan ini, TAM bersama Telkomsel meluncurkan hasil pertama kolaborasinya dalam hal studi pemanfaatan teknologi telematika di dunia otomotif. Layanan baru ini bertajuk M-Toyota, di mana pelanggan dapat mengakses informasi-informasi penting melalui handphone.

Segmen Kendaraan Non-Komersial

Secara keseluruhan, total penjualan TAM pada pasar kendaraan penumpang tetap memimpin pasar otomotif nasional dengan penguasaan pangsa pasar lebih dari setengahnya yaitu sebanyak 12.348 unit dari total penjualan nasional segmen kendaraan penumpang sebesar 24.335 unit. 

Sedan Market

Penjualan pada kelas sedan market tetap stabil seperti pada bulan yang sama tahun 2006 lalu. Vios terjual 147 unit (13,6% market share), Corolla Altis sebanyak 45 unit (12,2% market share), dan Camry yang terjual 182 unit dengan penguasaan pasar Medium Sedan sebesar 53,2% atau naik sebesar 219,3% dari penjualan bulan Maret tahun sebelumnya.

Pasar Kendaraan 4×2

Pada segmen ini, produk-produk Toyota tetap memimpin dengan pangsa pasar sebesar 53,4% yaitu sebanyak 11.946 unit dan mengalami peningkatan pada setiap produknya. Dibuktikan dengan penjualan Innova yang mendominasi sebesar 83,7% di kelasnya. Penjualan Avanza pun naik 45% dari bulan sebelumnya yaitu sebanyak 5.716 unit dengan penguasaan pangsa pasar lebih dari 58%. Begitu pula pada Toyota Yaris yang mengalami peningkatan lebih dari 33% dari bulan sebelumnya yaitu sebanyak 904 unit (38,4% market share). Peningkatan jumlah penjualan pun dialami oleh Rush dengan total penjualan sebanyak 1.368 unit (36,5% market share) dan Toyota Fortuner 4×2 yang terjual 166 unit. 

Pasar Kendaraan 4×4

Toyota Fortuner 4×4 menguasai pangsa pasar sebesar 49,1% dengan angka penjualan sebanyak 28 unit, yang berarti mengalami peningkatan sebesar 100% dari bulan sebelumnya. 

Segmen Kendaraan Komersial

Bulan maret, di segmen ini, terdapat peningkatan jumlah penjualan yang cukup signifikan pada jumlah penjualan nasional, yaitu naik lebih dari 70% dibandingkan bulan sebelumnya. TAM berhasil men

Source: auto2000.co.id

Komentar