Pasar Sedan Toyota Tumbuh Pesat 2

Pasar Sedan Toyota Tumbuh Pesat – Car Information Complete

Pasar Sedan Toyota Tumbuh Pesat

JAKARTA –  Juni 2007, tak mau tertinggal dari penguasaan di pasar 4×2, pasar sedan Toyota mini tumbuh signifikan. Yang berperan adalah the Very Intelligent Outstanding Sedan, Toyota Vios, menjadi market leader di kelasnya dengan peningkatan penjualan hampir 2 kali lipat dari bulan sebelumnya. Bulan Juni Vios terjual 867 unit (38,1% market share) dari 469 unit (33,4% market share) pada Mei lalu. Serta Toyota Limo yang meningkat lebih dari 3 kali lipat dengan penjualan 337 unit.

Sedangkan dilihat dari total pasar sedan, penjualan Toyota meningkat hingga 75,7% melampaui pertumbuhan pasar sedan domestik yang sebesar 37,9%. “Pertumbuhan Vios dan Limo yang cukup signifikan membuat Toyota semakin mengukuhkan posisinya di pasar sedan,” ungkap Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor.

Secara total, pasar otomotif nasional Juni lalu mengalami peningkatan sekitar 3% dibandingkan bulan Mei, dengan mencatatkan angka penjualan 39.423 unit. TAM tetap memimpin pasar otomotif nasional dengan catatan penjualan 13.307 unit atau 33,8% penguasaan pangsa pasar.

Sementara itu, penjualan Toyota dalam data kumulatif semester 1 (Jan-Jun) 2007 adalah 69.092 unit dengan market share 35%. “Penjualan nasional adalah 197.320 unit, atau naik 32% dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan indikasi adanya peningkatan positif pada perekonomian Indonesia,” tambah Johnny Darmawan.

Data kumulatif Semester I 2007 tersebut juga menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan pada penjualan Toyota di segmen sedan, yaitu naik sekitar 83%. Toyota membukukan 4.128 unit atau hampir 32% pangsa pasar, sementara pada semester I 2006, pangsa pasar Toyota di segmen sedan adalah 25,7%. Pertumbuhan ini terutama berkat prestasi penjualan Camry yang melesat 3 kali lipatnya, serta didukung kenaikan pada kelas-kelas lainnya.

Pada semester I 2007 ini, produk Toyota lain yang tetap merajai pasar sebagai market leader di antaranya adalah Camry (47,6%), Avanza (53,8%), dan Kijang (29,9%), ketiga produk tersebut juga mengalami peningkatan dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Segmen Kendaraan Non-Komersial

Juni, pada penjualan nasional kendaraan di segmen non-komersial/kendaraan penumpang, tercatat angka 28.717 unit. TAM berhasil mendominasi 44,1% segmen ini dengan angka penjualan sebesar mencapai 12.676 unit.

Semester I 2007 ini, penjualan kendaraan non-komersial Toyota adalah 66.176 unit, hampir 46% market share dari total penjualan nasional 144.569 unit.

Pasar Sedan

Juni, penjualan nasional kelas sedan mencapai 3.505 unit dimana 1.530 unit disumbangkan oleh Toyota. Vios dan Camry tetap menjadi market leader di kelasnya masing-masing, sedangkan Corolla Altis dan Crown masing-masing mencatat angka penjualan sebesar 187 dan 7 unit.

Pasar Kendaraan 4×2

Bulan Juni, di pasar kendaraan 4×2, Toyota tetap memimpin dengan penguasaan pasar 44,4% dan angka penjualan sebesar 11.112 unit. Penjualan nasional di subsegmen ini adalah 25.043 unit, turun sedikit dibandingkan bulan sebelumnya. Di kelas 4×2 Low, Avanza memimpin dengan penjualan 5.443 unit atau 48,7% pangsa pasar. Demikian juga Kijang Innova 3.526 unit yang tak tergoyahkan menguasai kelas Medium MPV. Di kelas 4×2 SUV, Rush mengalami peningkatan 6,4% dibandingkan bulan sebelumnya, terjual 1.243 unit.

Pasar Kendaraan 4×4

Pasar nasional di kelas ini mengalami peningkatan 3 kali lipat, terjual 169 unit. Fortuner 4×4 juga meningkat dibanding bulan lalu, mencatatka

Source: auto2000.co.id

Komentar