Yuk Kenali Sistem Transmisi Cvt Toyota

Yuk, Kenali Sistem Transmisi CVT Toyota – Car Information Complete

Yuk, Kenali Sistem Transmisi CVT Toyota

Ibarat kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Seiring kemajuan teknologi, Toyota terus mengikuti arus perkembangan dunia dengan memberikan produk yang terbaik bagi pelanggannya di Indonesia. Salah satu wujud konkret dilakukan dengan melakukan beberapa update seperti pengaplikasian sistem transmisi Continously Variable Transmission atau CVT. 

Seperti diketahui, All New Toyota Yaris menjadi salah satu produk terbaru yang sudah mengusung teknologi CVT pada sistem transmisinya. Banyak komentar mengatakan kalau CVT itu membuat sensasi perpindahan transmisi itu terasa lebih smooth di bandingkan dengan matik konvensional. Apa benar begitu?

Suparman selaku Kepala Bengkel Auto Car Information Complete Yos Sudarso, menjelaskan, keberadaan CVT mampu membuat pengalaman baru dalam berkendara, khususnya bagi yang sebelumnya menggunakan transmisi otomatis (matik) biasa. Bila dibandingkan, salah satu hal yang paling signifikan adalah mulusnya tiap perpindahan gigi yang tanpa ada hentakan.

BACA JUGA : Cicilan Rp 120 Ribuan Perhari, Inilah 6 Alasan Toyota Avanza Sangat Pas Untuk Usaha Rental dan Taksi Online

“Seperti yang sebelumnya dijelaskan, keberadaan puli ganda dan sabuk baja membuat CVT memiliki rasio gigi luas. Tiap puli didorong oleh sistem pompa fluida, berdampak pada beban kerja mesin yang lebih ringan. Masing-masing puli tadi akan menyesuaikan dengan kecepatan mobil sehingga terjadi perpindahan yang lebih smooth tanpa hentakan,” ujar Suparman.

Dengan sistem kerja CVT yang lebih praktis, serta dorongan dari sistem pompa fluida yang disesuaikan dari putaran mesin, membuat beban kerja mesin akan lebih ringan yang dampak langsungnya berimbas pada sisi kehalusan serta efisiensi. 

Bukan hanya itu, selain menyajikan distribusi yang halus pada setiap perpindahan kecepatan, transmisi CVT Toyota juga bisa diperasikan dalam dua mode, yakni otomatis dan manual. Caranya pun tidak repot, untuk mode otomatis cukup letakan tuas pada posisi D (drive), sementara operasi manual, dengan menggeser tuas dari D ke posisi M (manual).

BACA JUGA: Ada Program Dp Rendah Dan Bunga Spesial, Ini Sebab Toyota Yaris Begitu Pas Untuk Generasi Millenial

Menariknya lagi, keberadaan transmisi CVT pada All New Yaris juga dipadukan dengan fitur “Paddle Shift” yang berada tepat di belakang kemudi. Adanya fitur membuat pengendara dengan mudah bisa memindahkan gigi percepatan layaknya mengemudikan sebuah mobil balap tanpa repot memegan tuas tranmisi.

“Mode manual pada transmisi CVT Toyota dimungkinkan berkat sistem komputer transmisi dan torque converter. Kedua sistem ini berguna untuk menjaga posisi belt dan tiap puli dalam kondisi tertentu, sehingga saat terjadi pergantian percepatan dapat menghasilkan sensasi layaknya menggunakan transmisi manual,” papar Suparman.

Source: auto2000.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Paham Arti Kode Di Dinding Ban Supaya Tidak Salah Pilih Dan Celaka

Auto Family Sudah Tahu Arti Dari Kode Oli Ini

Penting Atau Tidak Peran Defogger Ketika Musim Hujan