Toyota Kuasai 371 Market Shares Pada Januari 2013
TOYOTA KUASAI 37,1% MARKET SHARES PADA JANUARI 2013
Di tengah kompetisi yang semakin ketat di segmen multi vehicle purpose (MPV), Toyota Kijang Innova tetap memperlihatkan performa terbaiknya dengan membukukan total penjualan 7.383 unit atau menguasai market shares 83,6% pada Januari 2013 di kelas MPV medium.
Pencapaian tersebut tumbuh sekitar 57,9% dibandingkan dengan Desember 2012 sebanyak 4.676 unit. Pertumbuhan penjualan Toyota Kijang Innova tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pasar di segmen medium MPV yang tumbuh 26,9% dari bulan Desember 2012. Adapun, dibandingkan dengan bulan yang sama pada 2012, penjualan Toyota Kijang Innova tumbuh sekitar 15%.
Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor, Joko Trisanyoto, menyebutkan masih tingginya permintaan terhadap Toyota Kijang Innova membuktikan bahwa mobil ini masih tetap dipercaya sebagai salah satu kendaraan andalan keluarga Indonesia.
“Kami bersyukur Toyota Kijang terus mendapatkan respon positif dari konsumen. Sedari awal, Toyota Kijang diciptakan sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia, sehingga tidak mengherankan jika mobil ini menjadi salah satu pilihan konsumen, khususnya keluarga di Indonesia,” kata Joko, hari ini.
Toyota Kijang Innova merupakan salah satu ikon produk tersukses yang dirilis Toyota. Kijang Innova pertama kali diproduksi dan dipasarkan di Indonesia pada 2004. Kijang Innova menjadi salah satu kontributor terbesar penjualan, di mana sejak pertama kali diluncurkan hingga Januari 2013, membukukan total 459.240 unit.
Sementara itu, sejak kemunculan perdananya pada 9 Juni 1977 hingga Januari 2013, semua varian Toyota Kijang sudah membukukan total penjualan 1.525.127 unit.
Kijang Innova merupakan generasi kelima dari Toyota Kijang yang merupakan produk legendaris Toyota. Sebagai line up produk terlama yang dimiliki Toyota Indonesia saat ini, Toyota Kijang terus menunjukkan eksistensinya dalam usia yang sangat mapan, yakni hampir 36 tahun.
Toyota Kijang terdiri dari lima generasi, yakni Generasi Pertama atau yang lebih dikenal sebagai Kijang Buaya (1977-1980), Generasi Kedua atau yang lebih dikenal sebagai Kijang Doyok (1981-1985), Generasi Ketiga atau yang lebih dikenal sebagai Kijang Super (1986-1996), Generasi Keempat atau yang dikenal sebagai Kijang Kapsul (1996-2004), serta generasi paling mutakhir, Kijang Innova (2004-sekarang).
Sementara itu, Presiden Direktur TAM, Johnny Darmawan, menambahkan Toyota melewati bulan pertama 2013 dengan mempertahankan posisi sebagai market leader dengan membukukan total penjualan 35.923 unit atau menguasai pangsa pasar 37,1%.
Pencapaian tersebut, tutur Johnny, melebihi target yang ditetapkan TAM sebesar 36%. Hasil positif pada Januari 2013, berkat penjualan sejumlah produk Toyota yang mampu mendominasi di kelasnya masing-masing.
Keberhasilan yang dicatatkan Kijang Innova pada bulan lalu, memberikan kontribusi besar terhadap penjualan segmen MPV Toyota secara keseluruhan. Di segmen ini, Toyota mempertahankan dominasinya dengan total penjualan 25.141 unit atau dengan market shares 53,5%.
Dominasi Toyota juga terlihat dari penjualan passanger car lainnya, di mana segmen sedan membukukan total penjualan 983 unit atau dengan pangsa pasar 50%, segmen SUV membukukan total penjualan 4.820 unit dengan market shares 44,6%, serta segmen 4×4 membukukan total penjualan 108 unit dengan pangsa pasar 51,7%.
Di lain pihak, kendati belum berhasil menempati posisi sebagai market leader di segmen kendaraan komersial, pangsa pasar produk Toyota di segmen ini menunjukkan pertumbuhan relatif signifikan. Di segmen pickup, pangsa pasar Januari 2013 tumbuh menjadi 5,8% dibandingkan dengan Januari 2012 sebesar 3,5%.
Sementara itu, segmen commercial van dengan Toyota HiAce yang baru diluncurkan sejak September 2012, mampu meraih pangsa pasar sebesar 18,2% pada Januari 2013. Adapun segmen kendaraan komersial 2 ton menguasai pangsa pasar 23,3% pada bulan lalu.
Source: auto2000.co.id
Komentar
Posting Komentar