Toyota 1 Untuk Merek Paling Berharga
Toyota #1 untuk Merek Paling Berharga
New York, KompasOtomotif – Toyota menggeser BMW di posisi puncak sebagai merek mobil paling berharga di dunia berdasarkan hasil penelitian “BrandZ Top 100 Most Valuable Global Brands” dari Konsultan Global Millward Brown yang berbasis di New York, Amerika Serikat (AS) yang dirilis hari ini (21/5/2013).
Nilai produsen mobil terbesar Jepang naik dua digit dibandingkan tahun lalu hasil dari pulihnya permintaan di China dan AS. Merek lain yang naik adalah Mercedes-Benz, Audi dan Hyundai.
Hibrida
Toyota naik 12 persen menjadi 24,5 miliar dolar AS karena berhasil menjual mobil hibrida. “Toyota melesat sangat tinggi berkat banyak pilihan untuk hibrida. Cocok dengan kebutuhan konsumen yang menginginkan mobil yang irit bahan bakar,” jelas Peter Walshe, Direktur divisi Merek Global illward Brown yang dilansir Autonews Europe, hari ini.
Dijelaskan pula, mobil hibrida berhasil memperkuat citra merek,membuatnya lebih spesial dan berbeda dibanding produsen lain. Setelah Prius, Toyota model hibrida, yaitu Yaris di Prancis dan Auris di Inggris.
BMW tergeser ke peringkat kedua dengan karena turun 2 persen menjadi 24 miliar dolar AS pada tahun lalu karena tidak banyak meluncurkan model baru. “Penjualan meningkat kalau banyak meluncurkan model baru. Namun BMW tetap masih kuat,” lanjut Peter.
Di antara merek premium Jerman, nilai Mercedes-Benz naik 11 persen menjadi 18 miliar dolar AS dan Audi tumbuh 18 persen menjadi 5,5 miliar dolar AS berkat penjualan di AS dan China. Orang kaya baru yang banyak di China, membuat kedua merek tersebut makin banyak digemari, termasuk BMW.
Hasil penelitian juga menyimpulkan, agar merek bisa bertahan di benak konsumen, produsen wajib menambah kelengkapan canggih pada segmen mendengah.
“Merek harus terus menciptakan ekspektasi lebih, termasuk kulitas, fitur mewah dan harga yang kompetitif, ” beber Peter.
Terbaik
Sepanjang tahun ini, merek terbaik dari seluruh industri adalah Apple dengan nilai 185,1 miliar dolar, naik dari tahun lalu hanya 182,9 miliar dolar AS. Inilah adalah yang ketiga kali Apple berturut-turut berada dii peringkat puncak. Google berada di posisi kedua dengan nilai merek 113,7 mliar dolar, menggeser IBM ke peringkat tiga 112,5 miliar dolar AS.
Penelitian Millward Brown dilakukan terhadap 1 juta konsumen di seluruh dunia, dihitung berdasarkan analisis finansial dan performa bisnis masing-masing perusahaan.
Merek Mobil Paling Berharga
Peringkat | Merek | 2013* | Pertumbuhah |
1 | Toyota | $24.50 | 12 |
2 | BMW | $24.00 | -2 |
3 | Mercedes | $18.00 | 11 |
4 | Honda | $12.40 | -2 |
5 | Nissan | $10.20 | 3 |
6 | VW | $8.80 | 3 |
7 | Ford | $7.60 | 8 |
8 | Audi | $5.50 | 18 |
9 | Hyundai | $4.00 | 11 |
10 | Lexus | $3.50 | 2 |
(*) Nilai dalam miliar dollar AS
Source: auto2000.co.id
Komentar
Posting Komentar