4 Langkah Awal Menangani Mobil Mogok

4 Langkah Awal Menangani Mobil Mogok

4 Langkah Awal Menangani Mobil Mogok

Beberapa hari lalu di Jalan raya Labuan – pandeglang terdapat kemacetan parah yang diakibatkan oleh mobil yang mogok. Mobil mogok bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, bahkan mobil baru atau yang terawat sekalipun tidak menjamin pengecualian dari musibah ini.

Namun mobil dengan tingkat operasi tinggi dan minim perawatan tentunya lebih retan terhadap mogok. Pemahaman mengenai tehnik otomotif dan lokasi terjadinya musibah turut menentukan sikap pengemudi dalam menghadapi situasi seperti ini.

BACA JUGA : Persiapan untuk Mobil di Musim Hujan

Jika sang pengemudi mengenal karakter mobil yang dikendarainya dan memiliki bekal yang cukup dalam memperbaiki mobil, maka ia cenderung lebih tenang dalam mengatasinya, lain halnya dengan pengemudi yang hanya mengerti bagaimana cara mengoperasikan mobil.

Untuk mengantisipasi kepanikan, berikut ini adalah beberapa langkah menangani mobil mogok yang dapat diterapkan :

Tepikan Kendaraan

Usahakan untuk memarkir mobil di pinggir jalan atau area parkir terdekat agar tidak mengganggu kelancaran lalu lintas. Auto Family dapat mencari bala bantuan warga setempat untuk membantu mendorong mobil Auto Family. Pastikan tempat yang Auto Family pilih tidak terlalu sepi agar tidak mengundang hal yang tidak diinginkandan jangan sampai kejadian meninggalkan mobil yang mogok ditengah jalan seperti kemarin yah.

BACA JUGA : Potongan Harga dan Free Spooring setiap penggantian Ban di Auto Car Information Complete Pandeglang

Pasang Segitiga Pengaman

Auto Family jangan sampai lupa nih untuk pasang segitiga pengaman agar kendaraan dari arah belakang tidak bingung yah. Segitiga pengaman biasanya Auto Famlily dapatkan pada saat pembelian kendaran Toyota nih. Segitiga pengaman biasanya sudah satu paket nih dengan tas P3K, dongkrak dll.

Kategorikan penyebab mogok

Setelah mobil Auto Family berada di tepi jalan, periksa kondisi mogok yang dialami lalu kategorikan apakah dari mesin, chasis atau sekedar ban yang kempis. Setelah kondisi mogok sudah dapat dikategorikan maka Auto Family dapat mengesimpulkan apakah perlu penanganan oleh pihak bengkel atau bisa dikerjakan sendiri.

BACA JUGA : Amankah Busi Racing Untuk Mobil Harian

Periksa Lampu Indikator

Jika kondisi berasal dari mesin, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan ketika menghadapi mobil mogok adalah dengan memperhatikan informasi seputar kondisi mobil melalui Lampu Indikator yang terletak pada panel instrumen. Melalui indikator tersebut Auto Family bisa mendapatkan petunjuk mengenai permasalahan yang sedang dihadapi mobil Auto Family. Jika Auto Family sudah merasa kesulitan memperbaiki kendaraan sendiri atau bahkan tidak mau ambil pusing, maka sudah saatnya bagi Auto Family untuk menghubungi jasa derek dan membawa mobil Auto Family ke bengkel terdekat.

Lakukan perawatan berkala setiap 6 bulan atau 10.000 km sekali agar kendaraan selalu dalam kondisi yang prima hanya di Auto Car Information Complete Pandeglang.

(Arif Krisna K)

Auto Car Information Complete

Komentar