Tujuh Jurus Tangkal Kebosanan Anak Di Dalam Mobil Saat Liburan

Tujuh Jurus Tangkal Kebosanan Anak di Dalam Mobil Saat Liburan – Car Information Complete
Tujuh Jurus Tangkal Kebosanan Anak di Dalam Mobil Saat Liburan

Tujuh Jurus Tangkal Kebosanan Anak di Dalam Mobil Saat Liburan

Auto2000.co.id – Menempuh perjalanan ke luar kota di musim liburan akhir tahun bersama ‘buah hati’ memang menyenangkan. Apalagi tujuannya untuk wisata atau pulang ke kampung halaman melepas rindu berjumpa sanak saudara.

Tapi, jarak tempuh yang panjang, membuat waktu perjalanan menjadi lama. Kondisi ini bisa membuat anak cepat merasa bosan dan jenuh.

Alhasil, anak akan rewel, bahkan menangis, yang berujung mengurangi konsentrasi berkendara selama perjalanan. Kalau sudah begini, bahaya jadinya.

“Paling utama yang harus dipahami saat mengajak anak berlibur menggunakan mobil menempuh jarak jauh adalah mengenai psikologis,” ucap Suparna, Kepala Bengkel Auto Car Information Complete Salemba.

BACA JUGA : Ini Beberapa Sebab Aktor Film Terkenal Beli Alphard di Auto Car Information Complete

“Biasanya kalau sudah terlalu lama, anak akan gampang bosan, apalagi bila kurang interaksi,” lanjutnya.

Untuk mengatasi masalah kejenuhan anak, Suparna menyarankan agar orang tua banyak melakukan interaksi, seperti berbincang atau lainnya.

Tidak lupa, ada tujuh poin lain yang bisa disiapkan sebelum memulai perjalanan untuk mengurangi risiko kebosanan pada anak, yakni :

1. Pastikan kondisi kabin dibuat bersih dan rapi. Hal ini akan membuat penumpang termasuk anak-anak merasa betah dan tenang berada di dalam mobil.

BACA JUGA : Millenial, Layanan Ini Bikin Bodi Mobil Mulus Lagi Dalam Waktu 8 Jam

2. Sediakanlah rear entertainment seperti film atau games yang bervariasi agar anak memiliki kesibukan sehingga mengalihkan rasa bosan dalam perjalanan. Tidak ada salahnya sediakan pula tema religi yang ringan agar hati anak tenang.

3. Sediakan makanan kecil dan minuman ringan yang tidak memiliki bau menyengat. Bila terpaksa membawa makanan yang memiliki bau, sebaiknya dikemas rapat sedemikian rupa dan dimakan saat di luar kabin.

4. Bertukar tempat duduk juga bisa menjadi salah satu upaya mencegah kebosanan agar suasana hati si anak selalu baik dan senang.

5. Ketika menyalakan audio atua video, pastikan volume suara diatur agar tidak mengganggu anak.

BACA JUGA : Mau Persiapan Mobil Untuk Liburan Bermodalkan Klik di Layar Ponsel?

6. Hindari berakselerasi dan melakukan pengereman mendadak dengan cara lebih waspada dan jaga kecepatan kendaraan tidak terlalu tinggi.

7. Usahakan berhenti dan istirahat setelah berkendara sekitar dua jam. Hal ini bukan saja bermanfaat mengembalikan kebugaran dan konsentrasi pengendara namun juga bisa menghilangkan kejenuhan anak.

“Khusus yang membawa balita, jangan lupa persedian popok yang cukup banyak, tapi ingat sebisa mungkin jangan mengganti di dalam mobil karena sangat berbahaya ketika tiba-tiba terjadi pengereman mendadak. Lebih baik menepi sesaat,” kata Suparna.

Source: auto2000.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Paham Arti Kode Di Dinding Ban Supaya Tidak Salah Pilih Dan Celaka

Auto Family Sudah Tahu Arti Dari Kode Oli Ini

Penting Atau Tidak Peran Defogger Ketika Musim Hujan