Simak Yuk Perawatan Kendaraan Toyota Yang Dapat Kita Lakukan Sendiri

Simak yuk perawatan kendaraan Toyota yang dapat kita lakukan sendiri – Car Information Complete

Simak yuk perawatan kendaraan Toyota yang dapat kita lakukan sendiri

1. Membersihkan eksterior kendraan.
Ketika membersihkan eksterior mobil, gunakan karet busa atau kain yang terbuat dari microfiber agar tidak menggores permukaan kendaraan. Saat mencuci dengan tangan sebaiknya mesin dalam kondisi dingin untuk menghindari tangan terkena panas mesin.

2. Membersihkan interior kendaraan anda.

Gunakan vacum cleaner untuk menghisap debu dan kotoran kecil yang menempel di karpet dan kursi. Usap sisa debu dengan kain lembut dibasahi dengan air hangat. Lap dengan kain kering lembut, biarkan mengering di tempat yang teduh.

3. Ganti Oli.

Jika penggantian oli tidak dilakukan secara rutin, maka viscositas (kekentalan) oli akan berubah sebagai akibat dari penumpukan kotoran dan lumpur pada mesin dan oli mesin akan berwarna hitam. Akibatnya adalah suara mesin kasar, mesin rusak atau sulit untuk melakukan starter mesin mobil. Dan apabila melakukan penambahan oli mesin tanpa melakukan penggantian, maka akan menyebabkan penurunan kinerja minyak.

4. Penambahan cairan pendingin pada radiator.

Pemeriksaan air radiator penting untuk menghindari panas berlebihan pada mesin (overheating).  Pastikan cairan pendingin memadai berada di level antara “FULL” dan “LOW”. Periksa cairan level cairan pendingin dalam kondisi dingin dan kondisi off.  Jangan membuka tutup radiator pada kondisi panas.

5. Eksterior Baterai (Aki)

Pastikan terminal baterai tidak berkarat dan tidak ada sambungan yang longgar, retak, bocor atau klem yang longgar. Fungsi baterai adalah memasok tenaga listrik untuk menghidupkan mesin dan untuk perangkat listrik. Jika baterai tidak di periksa maka volume electrolyte akan menurun dan baterai tidak dapat di “charge” secara cukup, kondisi baterai memburuk, pelepasan dan kapasitas pengisian menurun.  Pastikan cairan baterai memadai (air destilasi) antara garis “UPPER LEVEL” dan “LOWER LEVEL”.

6. Pemeriksaan minyak pelumas.

Beberapa cairan dalam minyak pelumas yang perlu diperiksa secara berkala dan rutin diantaranya adalah power steering, minyak rem, dan air pendingin mesin. Fungsi pelumas yaitu merawat mesin maupun komponen lainnya agar tetap prima. Untuk pemeriksaan oli transmisi dan oli gardan bisa dilakukan pada saat service berkala di bengkel. Perhatikan spesifikasi dari coolant dan oli yang dipergunakan pada kendaraan. (untuk lebih lengkapnya dapat di lihat pada buku manual).

Dan jangan lupa lakukan perawatan berkala di Auto Car Information Complete Tangerang setiap 6 bulan atau 10.000Km sekali agar kendaraan selalu dalam kondisi prima.

Khusus untuk kendaraan Toyota Baru anda.

Untuk masa uji Toyota baru anda agar memperpanjang usia kendaraan, perhatikan langkah pencegahan yang di rekomendasikan sebagai berikut :

  • Selama 300 Km pertama hindari berhenti mendadak.
  • Selama 1000 Km pertama, hindari akselerasi mendadak, jangan mengemudi terus menerus dengan gigi rendah.
  • Penting untuk melakukan service 1000 Km atau 1 bulan pertama untuk pemeriksaan performa kendaraan secara menyeluruh, untuk mengantisipasi kondisi abnormal yang terjadi akibat kesalahan pemakaian kendaraan selama 1000 km atau 1 bulan pertama.

Auto2000

Source: auto2000.co.id

Komentar