Paham Jenis Ban Inilah Cara Melakukan Rotasi Ban Mobil Yang Benar
Paham Jenis Ban, Inilah Cara Melakukan Rotasi Ban Mobil Yang Benar
Auto2000.co.id – Perawatan merupakan kunci utama untuk menjaga kondisi mobil tetap prima. Ada perawatan yang harus datang ke bengkel, kemudian bisa juga dilakukan sendiri. Salah satunya merotasi ban.
Rotasi ban dilakukan untuk menjaga keseimbangan level keausan empat ban mobil Anda. Kembangan ban jadi rata dan menipis dengan seimbang, alias tidak belang sebelah bahasa awamnya.
Namun, masih banyak pemilik mobil melupakan perawatan ini. Padahal, secara fungsi perannya yang cukup penting, dan butuh pengetahuan yang tepat untuk melakukannya sendiri.
Deni Andrian, Kepala Bengkel Auto Car Information Complete Grand Depok City (GDC), mengatakan, secara aturan, rotasi ban yang menggunakan ban dalam (bias) dengan tubeless berbeda.
BACA JUGA : Pemilik Toyota, Ini Sebab Anda Tidak Boleh Tergoda Pakai Suku Cadang Palsu
Untuk ban bias, cukup melakukannya dengan cara crossing atau menyilang, sedangkan ban tubeless dari depan ke belakang atau sebaliknya.
“Jadi tidak boleh sembarangan melakukan rotasinya. Ada aturannya tersendiri agar tidak terjadi kesalahan,” ujar Deni di Jakarta.
Deni melanjutkan, aturan lainnya yaitu disarankan juga melakukan rotasi setiap 10.000 km atau ketika servis berkala di bengkel resmi. Mekanik Auto Car Information Complete, kata Deni akan menyarankan dan meminta izin kepada pemilik mobil untuk melakukan rotasi.
“Jadi bukan tidak ada aturannya, semuanya ada aturannya. Paling benar sesuai dengan yang telah direkomendasikan oleh pabrikan atau bengkel resmi (Auto Car Information Complete),” kata Deni.
BACA JUGA : Rem Mobil Bisa Masuk Angin, Begini Cara Mengobati Ala Teknisi Auto Car Information Complete
Melakukan rotasi ban di bengkel resmi Auto Car Information Complete, kata Deni akan lebih baik karena dipastikan tidak akan salah, dan memang harus dicek dulu kondisi ban yang akan dirotasi.
Apabila ban depan lebih gundul, maka tidak boleh dirotasi karena harus dicari ban yang ketebalannya masih bagus lantaran untuk bagian depan punya tugas penting untuk mengatur laju mobil.
“Kami juga akan pastikan dulu ini ban bias atau tubeless, dan kondisi bannya seperti apa. Setelah semuanya baik-bak saja maka akan kita lakukan rotasi,” Lanjut Deni.
“Kemudian kalau di Auto Car Information Complete akan dilakukan juga spooring dan balancing untuk keseimbangan mobil tersebut,” tutupnya.
Komentar
Posting Komentar