Pasar Otomotif Nasional September 2007 Toyota Tetap Memimpin Pasar
Pasar Otomotif Nasional September 2007: Toyota Tetap Memimpin Pasar
JAKARTA – September 2007, Toyota tetap memimpin pasar otomotif nasional dengan 33,5% market share dan penjualan 13.731 unit. Baik pada angka market share maupun jumlah unitnya, terdapat peningkatan pada penjualan produk-produk Toyota. Produk-produk Toyota juga menjadi market leader di kelas masing-masing, seperti Kijang Innova, Avanza, dan Camry.
Penjualan Kijang Innova pada September lalu adalah 3791 unit dengan market share sebesar 54,2% pada kelas 4×2 Medium MPV. Sedangkan dilihat dari keseluruhan pasar 4×2 Medium, Kijang Innova tetap berada di posisi teratas menguasai 28,3% pangsa pasar. Secara kumulatif (Jan-September), Kijang Innova telah terjual 28.921 unit.
Di kelas 4×2 Low, Avanza memimpin dengan 5169 unit atau 50,9% pangsa pasar. Dilihat dari angka kumulatif pun Avanza tetap memimpin dengan 47.902 unit. Sementara di kelas Medium Sedan, Camry dengan 215 unit tetap menjadi market leader dengan dominasi sebesar 53,9%. Angka pangsa pasar di bulan September tersebut lebih tinggi 20% dibanding bulan sebelumnya, demikian pula market share Camry.
Peningkatan penjualan juga dialami Yaris (naik 19,3%), Limo (naik 25%), Fortuner 4×2 (naik 49%) serta Avanza dan Kijang Innova.
“Hampir semua produk Toyota pada segmen non-komersil mengalami peningkatan, dan peningkatan terbesar dialami oleh Corolla Altis yang naik 60% lebih dari bulan sebelumnya,” komentar Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor. “Pada segmen non-komersil ini peningkatan yang dialami produk-produk Toyota sedikit lebih besar daripada yang dialami penjualan nasional.”
Bulan September, jumlah total pasar otomotif nasional adalah 41.035 unit, berkurang 1,1% dibandingkan jumlah penjualan bulan sebelumnya. Komposisi 3 besar dipegang oleh : Toyota (33,5%), Mitsubishi (14,8%) dan Suzuki (11,7%). Angka kumulatif penjualan nasional Januari – September 2007 adalah 318.220 unit, atau naik lebih dari 36% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.
Segmen Kendaraan Non-Komersial
Pada penjualan nasional kendaraan di segmen non-komersial/kendaraan penumpang, tercatat angka 29.195 unit pada September 2007. TAM berhasil mendominasi 43,4% segmen ini dengan angka penjualan sebesar 12.671 unit.
Pasar Sedan
Penjualan nasional kelas sedan naik menjadi 2.692 unit, dan TAM mendominasi 45,5% pangsa pasar di dalamnya, dengan penjualan 1.226 unit. Vios terjual 445, Limo 519 unit, dan Corolla Altis 45 unit.
Pasar Kendaraan 4×2
Di pasar kendaraan 4×2, Toyota tetap memimpin dengan penguasaan pasar 43,2% dan angka penjualan sebesar 11.375 unit. Penjualan nasional di subsegmen ini adalah 26.331 unit, naik hampir 3% dibanding bulan sebelumnya.
Pasar Kendaraan 4×4
Pasar nasional di kelas ini adalah 172 unit, dimana Toyota melalui Fortuner 4×4 menguasai 43,2% pasar.
Segmen Kendaraan Komersial
Penjualan nasional di segmen kendaraan komersial September lalu adalah 11.840 unit, atau turun hampir 10% dari jumlah penjualan bulan sebelumnya. Di segmen ini, TAM berhasil menjual 1.060 unit kendaraan.
Sumber: Toyota-Astra Motor
Komentar
Posting Komentar