Mengenal Kode Transmisi Otomatis Mobil Toyota

Yuk Kenali Kode di Tuas Transmisi Otomatis Mobil Toyota – Car Information Complete
Tuas transmisi otomatis Toyota

Yuk Kenali Kode di Tuas Transmisi Otomatis Mobil Toyota

Auto2000.co.id – Mobil dengan transmisi otomatis sudah menjadi kebutuhan utama di kota besar di Indonesia. Praktis karena tidak mengandalkan pedal kopling, membuat mobil jenis ini diburu banyak orang.

Meski begitu, banyak di antara pengguna mobil Toyota belum sepenuhnya paham kode yang berada di sisi tuas transmisi otomatis. Dikenal sebagai tuas transmisi Gate Type, ada alasan di balik nama tersebut.

Tuas transmisi otomatis Gate Type yang menjadi ciri khas mobil Toyota memiliki alur transmisi yang dibuat berkelok untuk menghindari kesalahan pengemudi ketika mengoperasikan tuas transmisi.

Sementara untuk kode, standarnya adalah P, R, N, D, 3, 2, dan L. Ada juga yang dilengkapi posisi + dan – di sisinya, tergantung tipe mobil.

BACA JUGA : SUV Tabrak Truk di Tol Trans Jawa, Benarkah Karena Serangan Microsleep?

P adalah singkatan dari Parking atau parkir. Di posisi ini, transmisi dalam posisi terkunci dan mobil tidak bisa digerakkan. Sebagai pengaman agar mobil tidak jalan sendiri atau didorong saat parkir.

R adalah singkatan dari Reverse alias mundur. Posisi ini dipakai saat Anda ingin memundurkan mobil, seperti ketika parkir di mal atau masuk garasi rumah.

N adalah singkatan dari Neutral atau netral. Dalam posisi ini, tidak ada hubungan antara mesin dan transmisi. Umum dipakai saat berhenti menunggu lampu lalu lintas atau di tengah kemacetan.

D adalah singkatan dari Drive alias jalan. Posisi ini dipakai saat Anda berkendara maju. Posisi gigi transmisi akan berpindah sendiri sesuai kecepatan dan beban kendaraan. Anda tinggal mengatur pedal gas dan pedal rem.

BACA JUGA : Tidak Mungkin Kena Tipu, Program Ini Bantu Anda Beli Mobil Baru Dengan Cara Tukar Tambah

Sementara 3, Anda tetap bisa berkendara normal. Hanya saja, posisi gigi tertinggi cuma sampai 3. Biasa digunakan bila Anda butuh akselerasi pertengahan di jalan tol.

Sedangkan untuk 2 dan L, sama dengan 3. Dua menahan gigi tertinggi di 2 dan L menahan gigi tertinggi di gigi 1. Biasa dipakai saat Anda butuh efek engine brake di jalan menurun tajam atau panjang, serta bila berhadapan dengan tanjakan curam.

Sebenarnya bisa saja Anda tidak memindahkan gigi dari D ke 3 atau 2 dan 1 saat jalan turun, namun konsekuensinya rem mobil akan dipaksa bekerja lebih keras.

BACA JUGA : Dapat Oli Gratis, Ini Sebab Servis Berkala di Bengkel Auto Car Information Complete Penting

Pun ketika menanjak, bila mobil Toyota Anda memiliki momentum yang cukup, masih bisa mengandalkan posisi gigi di D. Masalahnya jika ruang untuk bergerak terbatas sedangkan tanjakan di depan lumayan berat untuk ditaklukkan.

Beberapa mobil Toyota memiliki posisi + dan – untuk Anda yang ingin memindahkan sendiri posisi gigi ala transmisi manual untuk kebutuhan akselerasi dan deselarasi sehingga mendapatkan reaksi yang sigap dan spontan dari mobil.

Di sisi tuas transmisi juga ada sebuah tombol dengan tulisan Shift Lock di bawahnya. Tombol ini dipakai untuk melepas pengunci tuas transmisi sehingga dapat dipindah ke posisi N saat mesin mati. Bermanfaat saat Anda parkir paralel.

Bila Anda masih ingin info lebih jelas mengenai transmisi otomatis Toyota dan aplikasinya, Anda bisa berdiskusi dengan tenaga service advisor di bengkel resmi Auto Car Information Complete. Mereka akan menjelaskan kepada Anda hingga benar-benar paham.

Source: auto2000.co.id

Komentar