Hindari Modifikasi Avanza Ini

8 Jenis Modifikasi Mobil Avanza yang Harus Dihindari – Car Information Complete
Modifikasi Mobil Avanza

8 Jenis Modifikasi Mobil Avanza yang Harus Dihindari

Auto2000.co.id – Sebenarnya mobil keluarga Toyota Avanza sudah punya tampilan yang modis dan berkelas. Apalagi Avanza model terkini yang punya lampu depan 2 susun ala MPV mewah Toyota Alphard.

Namun bagi sebagian orang kondisi tersebut belum cukup. Pemilik Avanza masih ada yang ingin mengubah komponen bawaan mobil supaya bisa tampil sesuai keinginannya.

Apa saja modifikasi yang dapat membawa masalah jika tidak dilakukan secara hati-hati, baik dalam hal keselamatan dan kenyamanan berkendara? Termasuk usia komponen dan hangusnya garansi. Berikut beberapa di antaranya.

1. Ganti pelek dan ban

Mengganti pelek dan ban merupakan cara paling mudah untuk mengubah tampilan mobil. Sayangnya demi mengejar gaya, banyak orang yang memaksakan menggunakan pelek dengan dimensi berlebihan padahal digunakan untuk harian.

BACA JUGA : Cara Lipat Bangku Toyota Sienta Bermodalkan Fitur Dive-In Seat yang Praktis

Melakukan ubahan kaki-kaki dengan melebihi batasan tertentu sangat mempengaruhi kenyamanan berkendara. Bahkan efeknya bisa berbahaya karena membuat mobil tidak layak jalan dan membahayakan.

2. Menurunkan bodi mobil

Modifikasi mobil Avanza dengan menurunkan bodi mobil bahkan bisa dilakukan tanpa mengganti komponen apapun. Cukup memotong beberapa ulir pada per standar sehingga membuat ground clearance turun.

Sayangnya modifikasi seperti ini bila digunakan untuk harian akan membahayakan. Dengan ground clearance rendah akan membuat pengendara kesulitan saat bermanuver. Hal ini tentu saja menggangu dan membahayakan pengguna jalan lain.

Poin modifikasi nomor 1 dan 2 juga akan menyulitkan saat mobil Anda diberi muatan banyak. Manuver kendaraan semakin terbatas serta handling dan kenyamanan menurun drastis. Pun yang pasti, usia pakai komponen kaki-kaki bakal berkurang drastis.

BACA JUGA : Dilarang Beroperasi di Jakarta, Tukar Tambah Mobil Tua Anda di Auto Car Information Complete

3. Ganti kaca film

Kaca film menjadi kebutuhan semua mobil di daerah tropis seperti Indonesia. Selain untuk meredam sinar matahari yang masuk ke dalam kabin juga untuk mendongkrak tampilan mobil.

Sayang, banyak orang yang masih tidak mengerti intensitas kaca film yang baik dan aman digunakan. Kondisi ini jadi masalah, karena bila gelapnya berlebih akan mempengaruhi visibilitas ketika berkendara pada malam hari.

4. Ganti lampu LED

Modifikasi lampu LED sebenarnya sah-sah saja untuk dilakukan, tapi tetap ada syaratnya agar aman digunakan dan tidak membahayakan pengguna jalan lain.

Penggunaan lampu LED harus melihat intensitas sinar yang dikeluarkan bila terlalu besar kelvinnya akan membuat sinar yang dihasilkan terlalu terang dan bisa mencelakakan pengendara dari arah berlawanan.

BACA JUGA : Ada Hadiah Oli Gratis, Bengkel Resmi Auto Car Information Complete Buka di Hari Minggu

5. Upgrade audio

Ubahan audio standar biasanya dilakukan untuk meningkatkan hiburan dalam mobil, tapi bila pemasangannya sembarang akan berisiko besar.

Upgrade audio serta perangkat elektronik lainnya berkaitan erat dengan sistem kelistrikan, bila tidak diimbangi dengan penambahan daya maka cukup berisiko. Apalagi kalau proses instalasinya sembarangan.

6. Karpet mobil

Penambahan karpet akan membuat dimensi dek bawah mobil mejadi lebih naik dari biasanya. Bila tidak hati-hati akan mengganggu kerja dari pedal gas, kopling dan rem. Cukup bahaya bila gerak pedal-pedal tertahan karpet yang tidak standar.

BACA JUGA : Tips Cara Pilih Oli yang Sesuai Spesifikasi Mesin Toyota

7. Pedal metal

Aksesori pedal berbahan metal diyakini mampu mengentalkan kesan sporty pada interior mobil. Tapi perlu diingat, meterial pedal memiliki sifat yang lebih licin dibandingkan karet.

8. Body kit di bumper

Body kit di bumper seringkali lebih berat dari bumper asli yang menambah beban saat berkendara. Selain itu, pemasangan yang tidak hati-hati dapat mengganggu kerja sensor airbag.

Oh ya, satu hal yang harus diingat, ada potensi garansi mobil Anda gugur bila ternyata di kemudian hari ditemukan bahwa penyebab kerusakan komponen mobil akibat melakukan modifikasi. Konsultasi dulu dengan service advisor Auto Car Information Complete untuk memastikannya.

Source: auto2000.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Paham Arti Kode Di Dinding Ban Supaya Tidak Salah Pilih Dan Celaka

Auto Family Sudah Tahu Arti Dari Kode Oli Ini

Penting Atau Tidak Peran Defogger Ketika Musim Hujan