Kenali Faktor Yang Menyebabkan Central Lock Rusak

Kenali Faktor yang Menyebabkan Central Lock Rusak – Car Information Complete
Kenali Faktor yang Menyebabkan Central Lock Rusak

Kenali Faktor yang Menyebabkan Central Lock Rusak

Auto2000.co.id – Salah fitur kenyamanan yang sudah umum tersedia pada setiap mobil baru adalah central lock. Fungsinya sederhana, tetapi meningkatkan faktor keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Semua mobil Toyota yang dipasarkan di Tanah Air sudah dilengkapi dengan fitur central lock. Bahkan yang lebih modern lagi, yaitu tersemat fitur keyless entry untuk membuka dan menutup pintu.

Nah, karena sifatnya yang sudah umum, keberadaan central lock suka dilupakan, alias tidak terlalu diperhatikan. Padahal, kalau fitur ini rusak, lumayan bikin ribet sang pemilik mobil.

Selain itu, terkadang usia pemakaian mobil yang terbilang tinggi juga ikut mempengaruhi kualitas operasional central lock. Hitung saja berapa kali dalam sehari Anda membuka kunci pintu sopir.

BACA JUGA : Mau Booking Service Auto Car Information Complete Pakai Whatsapp? Yuks Tasia Bantu

Menurut penjelasan Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto Car Information Complete Bekasi Barat, pada umumnya central lock memiliki dua bagian penting, yaitu motor doorlock dan modul. Apabila mengalami masalah, bisa dideteksi pada kedua bagian tersebut.

“Apabila central lock tidak bekerja, memang ada beberapa bagian yang harus dicek, mulai dari wire atau kabel-kabelnya,” ujar Sapta.

Sapta melanjutkan, selain itu faktor lain juga bisa jadi pemicunya, mulai dari bagian power source hingga ke mekanisme motor atau modulnya itu sendiri.

BACA JUGA : Benarkah Ban Mobil Cepat Panas dan Gampang Meletus di Jalan Tol?

Proses pengerjaannya memang tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, apalagi pemilik mobil yang kurang paham dengan teknis perangkat tersebut.

“Maka dari itu karena proses bongkar pasang trimboard dan lain sebagainya yang relatif sulit, lebih baik dibawa saja ke bengkel resmi Auto Car Information Complete, karena sudah didukung oleh tenaga ahli,” ungkap Sapta.

Kerusakan pada central lock itu dijelaskan Sapta memang sangat jarang terjadi, apalagi di mobil Toyota. Pada umumnya baru bermasalah setelah usia pemakaian mobil lebih dari tiga hingga lima tahun.

“Tetapi sebaiknya apabila langsung ada masalah bisa datang ke Auto Car Information Complete untuk segera ditindaklanjuti permasalahannya, agar tidak salah duga juga,” tutur Sapta.

Source: auto2000.co.id

Komentar