Umur Kanvas Kopling

Berapa lama sih Umur Kanvas Kopling? – Car Information Complete

Berapa lama sih Umur Kanvas Kopling?

Para pemilik mobil biasanya fokus melakukan perawatan disektor mesin serta eksterior mobil, sementara bagian yang tidak terlihat seperti kopling juga memerlukan perawatan.

Padahal, fungsi kopling ini bisa dibilang vital juga. Karena kopling menjadi jembatan tenaga antara mesin dan transmisi. Kalau kopling bermasalah, maka tenaga yang ditransfer ke transmisi menjadi lebih kecil sehingga akselerasi mobil lemah, dan power mobil juga lemah.

BACA JUGA : Special Service Campaign Toyota Rush di Auto Car Information Complete Pandeglang

Masalah yang paling umum dan sering pada sistem kopling, adalah kanvas kopling habis. Bagi yang tidak tahu, kanvas kopling itu bentuknya seperti piringan yang dilapisi semacam bahan keramik dibagian lingkaran luarnya. Bahan keramik tersebut memiliki permukaan yang kasar bahannya lebih lunak daripada logam.

Sehingga ketika menerima putaran dari mesin, kopling tidak mengalami selip. Ketika kanvas kopling habis, itu artinya lapisan keramik pada piringan kopling sudah habis tergerus. Sehingga kopling tidak mampu menerima putaran mesin dengan maksimal. Itulah yang menyebabkan performa mobil turun.

BACA JUGA : Auto Car Information Complete Pandeglang Beri Bunga Nol Persen

Sekarang pertanyaannya, berapa lama kanvas kopling akan bertahan sebelum akhirnya habis ?

Pertanyaan tersebut sebenarnya relatif, karena memang tidak ada jawaban yang baku. Masalahnya ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi usia kanvas kopling. Dari mulai faktor kualitas bahan kampas kopling, gaya pengemudian, seberapa sering mobil digunakan, hingga medan yang ditempuh oleh mobil mempengaruhi umur kanvas kopling.

BACA JUGA : Awas mobil ditinggal Accu tekor ini cara periksa kebocoran Arus

Tapi umumnya, kanvas kopling masih bisa digunakan dengan baik hingga 50 ribu KM. Itu adalah angka rata-rata, faktanya dilapangan bisa lebih dari itu bahkan kanvas kopling juga bisa bertahan hingga 100 ribu KM kalau gaya pengemudiannya tidak ugal-ugalan serta jarang menempuh medan berat.

Tapi sebagai patokan kapan waktu untuk mengganti kanvas kopling, anda bisa melihat dari ciri atau gejala yang muncul. Jadi jangan gunakan Kilometer atau periode waktu sebagai patokan saat akan mengganti kanvas kopling. Tapi gantilah kanvas kopling kalau gejala kanvas tipis muncul.

Lakukan perawatan berkala setiap 6 bulan atau 10.000 km sekali agar kendaraan selalu dalam kondisi yang prima hanya di Auto Car Information Complete Pandeglang.

(Arif Krisna K)

Source: auto2000.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Paham Arti Kode Di Dinding Ban Supaya Tidak Salah Pilih Dan Celaka

Auto Family Sudah Tahu Arti Dari Kode Oli Ini

Penting Atau Tidak Peran Defogger Ketika Musim Hujan