Toyota Masih Memimpin Pasar Walau Pasar Otomotif Menurun

TOYOTA Masih Memimpin Pasar Walau Pasar Otomotif Menurun – Car Information Complete

TOYOTA Masih Memimpin Pasar Walau Pasar Otomotif Menurun

Sebanyak tiga dari lima merek mobil paling populer di Indonesia – seluruhnya berasal dari Jepang – mengalami penurunan penjualan pada Mei 2008 dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Penurunan penjualan tiga merek tersebut terjadi seiring dengan kemerosotan pasar otomotif nasional pada bulan itu sebesar 1,82% dari 51.640 unit pada April menjadi 50.699 unit. Saat ini merek asal Jepang menguasai lebih dari 90% pasar mobil di dalam negeri.

Berdasarkan data Gaikindo, sepanjang Mei tahun ini, merek yang berada dalam daftar lima besar, mengalami penurunan dibandingkan dengan bulan sebelumnya, kecuali Honda dan Suzuki.

Sepanjang bulan itu, Toyota mengalami penurunan penjualan dari 17.890 unit menjadi 17.507 unit, sedangkan Mitsubishi merosot dari 8.077 unit menjadi 7.910 unit. Begitu pula dengan Daihatsu yang turun penjualannya dari 6.977 unit pada April menjadi hanya 5.727 unit pada Mei.

Kendati mengalami penurunan kinerja, Toyota masih memimpin pasar, sementara Mitsubishi setia mendampingi di posisi kedua, sedangkan Daihatsu di posisi keempat.

Angka penjualan Toyota pada Mei tahun ini turun 2,14% dibandingkan dengan sebelumnya. Namun, penurunan penjualan ini dinilai wajar oleh Marketing Director PT TAM Joko Trisanyoto. “Karena pada Juni – Juli merupakan high season [musim liburan], maka konsumen mengalokasikan dananya untuk liburan,” ungkapnya.

Dia tidak menampik anggapan bahwa penurunan angka penjualan Toyota juga disebabkan adanya inden panjang untuk sejumlah model seperti Avanza dan Rush. “Apalagi harga bahan baku juga sedang tinggi sehingga kami harus melakukan penyesuaian harga, karena itu proses produksi agak melambat.”

Menurut Joko, surat pemesanan kendaraan (SPK) untuk model ini sepanjang Mei mencapai sekitar 9.000 unit, tetapi PT TAM sebagai ATPM Toyota hanya mampu memenuhi 6.877 unit.

Suzuki yang pada Mei mengalami kenaikan penjualan 10,42% menjadi 6.736 unit, berhasil memperbaiki posisinya dan duduk di peringkat ketiga menggeser Daihatsu.

Sebaliknya, angka penjualan Daihatsu yang pada bulan yang sama turun 17,91% apabila dibandingkan dengan bulan sebelumnya harus rela berada di level empat.

Director Sales PT Indomobil Niaga International Rudjojo Nirjana menjelaskan peningkatan penjualan Suzuki tersebut didorong oleh kehadiran model SX4 rakitan lokal (CKD). “SX4 sangat membantu penjualan kami pada bulan Mei. Kontribusinya mencapai 15%,” ungkapnya.

Honda masih tetap berada di posisi kelima dengan perolehan angka 3.950 unit, atau naik 22 unit dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Penjualan 5 besar pemain otomotif nasional pada 2008 (unit)

Merek

Januari

Februari

Maret

April

Mei

Toyota

13.745

16.174

15.139

17.890

17.507

Mitsubishi

6.154

6.448

7.276

8.077

7.910

Suzuki

5.502

6.580

6.624

6.100

6.736

Daihatsu

4.794

5.136

5.102

6.977

5.727

Honda

3.816

4.634

4.339

3.928

3.950

 

Sumber: Bisnis Indonesia

Source: auto2000.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Paham Arti Kode Di Dinding Ban Supaya Tidak Salah Pilih Dan Celaka

Auto Family Sudah Tahu Arti Dari Kode Oli Ini

Penting Atau Tidak Peran Defogger Ketika Musim Hujan