Jangan Sembarang Ganti Baterai Remote Keyless

Jangan Sembarang Ganti Baterai Remote Keyless – Car Information Complete
Jangan Sembarang Ganti Baterai Remote Keyless

Jangan Sembarang Ganti Baterai Remote Keyless

Auto2000.co.id – Saat ini mobil baru rata-rata sudah dilengkapi dengan teknologi smart key atau biasa disebut dengan keyless system. Salah satu contohnya terdapat pada produk andalan Toyota Veloz.

Penting untuk diketahui, selain berfungsi sebagai alat untuk membuka dan mengunci pintu, remote keyless juga memiliki kegunaan lain sebagai alarm dan terkoneksi dengan tombol start/stop engine.

Karena itu, ketika baterai pada remote keyless melemah, otomatis akan sangat mengganggu aktivitas bersama kendaraan.

Gejala baterai remote mulai melemah, paling sering dialami adalah sulit saat membuka pintu walau tombol sudah ditekan berkali-kali, atau jangkauan sinyal yang tiba-tiba berkurang dari biasanya.

BACA JUGA : Bikin Kagum, Ini Beda New Avanza dan New Veloz Dari Pendahulunya

Untuk itu, Suparna selaku Kepala Bengkel Auto Car Information Complete Cilandak, Jakarta Selatan, menganjurkan agar pemilik mobil dengan keyless tak menunda untuk mengganti baterai bila sudah timbul gejala tadi.

“Jangan ditunda, karena efeknya itu bisa merepotkan, apalagi bila sedang dalam perjalanan jauh. Selain repot, bila baterai sampai benar-benar habis artinya mobil juga tidak aman, karena alarm tak berfungsi,” ucap Suparna.

Baterai pada remote keyless letaknya di bagian dalam. Untuk mengganti, otomatis harus membuka rumah atau cover dari remote, dengan cara mencungkil bagian tengah atau membuka bautnya.

Walau terkesan mudah, Suparna menganjurkan pemilik mobil tidak melakukan penggantian baterai sendiri. Hal ini lantaran untuk membuka cover remote dibutuhkan peralatan khusus agar tidak merusak klem atau penjepitnya.

BACA JUGA : Ini 5 Alasan Motivator Terkenal Merry Riana Beli Toyota Alphard di Auto Car Information Complete

Selain itu, meski harga baterai yang dipasarkan oleh Auto Car Information Complete sedikit lebih mahal, tapi dari segi kualitas berbeda dengan yang dijual di pasar aftermarket.

“Membuka rumah remote itu perlu alat khusus agar penjepitnya tidak rusak, karena model keyless saat ini rata-rata sudah tidak pakai sekrup lagi,” jelas Suparna.

“Sangat dianjurkan membeli di Auto Car Information Complete, karena kualitasnya beda dengan yang di luar. Meski bentuk dan seri sama, jangan karena harga lebih murah terus terpancing untuk beli di luar,” lanjutnya.

BACA JUGA : Viral! Ada Petani Beli Toyota Rush Pakai Uang Logam Receh Rp 40 Juta

Suparna memaparkan harga baterai termasuk jasa pemasangan kisarannya Rp 120.000, sedangkan untuk daya tahan baterai biasanya sekitar dua sampai tiga tahun pemakaian.

“Yang sudah-sudah beli baterai di luar itu bertahan empat sampai enam bulan saja, selebihnya harus ganti lagi,” urai Suparna.

“Secara detail mungkin karena baterai yang dipasok dan kita pasarkan sudah dibuat khusus untuk keyless. Mahal sedikit lebih awet lebih baik dibandingkan murah tapi harus sering mengganti,” katanya.

Source: auto2000.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Paham Arti Kode Di Dinding Ban Supaya Tidak Salah Pilih Dan Celaka

Auto Family Sudah Tahu Arti Dari Kode Oli Ini

Penting Atau Tidak Peran Defogger Ketika Musim Hujan