Inilah Tips Cara Berkendara Aman Dan Nyaman Di Jalan Tol Trans Jawa

Inilah Tips Cara Berkendara Aman dan Nyaman di Jalan Tol Trans Jawa – Car Information Complete
Inilah Tips Cara Berkendara Aman dan Nyaman di Jalan Tol Trans Jawa

Inilah Tips Cara Berkendara Aman dan Nyaman di Jalan Tol Trans Jawa

Auto2000.co.id – Untuk Anda yang melakukan perjalanan via jalan tol trans Jawa, perjalanan libur akhir tahun ini akan terasa menyenangkan karena akses jalan yang bisa dilalui kian panjang.

Secara resmi, tol trans Jawa sudah menghubungkan Merak, Banten hingga Pasuruan, Jawa Timur sepanjang 933 km. Artinya, Anda yang pergi dari Jakarta ke Surabaya bisa nonstop melalui jalan tol ini.

Meski demikian, Anda tidak boleh terlena dengan enaknya kondisi jalan tol trans Jawa. Apalagi potensi macet tetap ada di beberapa simpul kemacetan seperti rest area dan gerbang tol.

Selain itu, Anda juga harus tetap waspada terhadap potensi kecelakaan. Anda belum paham medan jalan yang bakal dilalui. Padahal kondisi jalan memungkinkan untuk Anda memacu mobil dengan kecepatan tinggi.

BACA JUGA : Spesial di Hari Ibu, Auto Car Information Complete Sediakan Hadiah Voucher Belanja Untuk 22 Pemenang

Oleh sebab itu, perhatikan beberapa hal berikut ini supaya perjalanan berlibur Anda menggunakan mobil Toyota dapat berlangsung aman dan nyaman.

1. Persiapan fisik sopir

Idealnya ada 2 sopir yang bergantian tiap 3 – 4 jam. Dengan begitu, stamina Anda dapat terus terjaga.

Namun kalau Anda mengemudi sendiri, pastikan tubuh dalam kondisi fit. Tidur yang cukup dan berkualitas menjadi syarat mutlak sebelum memulai perjalanan.

Istirahat tidur yang tidak optimal menyebabkan rasa mengantuk berlebih di luar waktu istirahat. Otak merasakan kelelahan tapi terpaksa bertahan supaya Anda tetap terjaga.

BACA JUGA : Nomor 4 Sangat Menggoda, Ini Alasan Toyota Rush Cocok Untuk Liburan

Risikonya adalah microsleep, atau tertidur secara tiba-tiba hanya dalam waktu yang sangat singkat, sekitar satu hingga 30 detik.

Microsleep sering terjadi saat Anda melakukan pekerjaan yang monoton, seperti berkendara dalam waktu yang lama. Ambil contoh di jalan tol trans Jawa.

Senam ringan sebelum berkendara agar otot tidak kaku. Atur posisi duduk senyaman mungkin tapi tetap dapat mengendalikan mobil dengan baik. Buat diri Anda senyaman mungkin.

Jangan lupa persiapkan air putih di cup holder dan camilan ringan. Letakkan makanan di posisi yang mudah dijangkau dan tidak menyulitkan. Penumpang di samping Anda bisa membantu jika dibutuhkan.

BACA JUGA : Millenial, Layanan Ini Bikin Bodi Mobil Mulus Lagi Dalam Waktu 8 Jam

2. Cek kondisi mobil

Yang terutama dan terpenting adalah ban. Lakukan pengecekan tekanan angin ban sesuai rekomendasi produsen mobil di pagi hari dan mobil belum dipakai beraktivitas.

Periksa pula kondisi fisik ban. Perhatikan bila ada kerusakan di dinding atau telapak ban. Jangan lupa pula memeriksa ban serep dan perlengkapan darurat untuk ganti ban.

Cek cairan mobil seperti air radiator, oli mesin dan transmisi, air wiper, oli power steering, dan minyak rem. Pastikan volumenya sesuai ketentuan dan tidak ada kebocoran.

Bila tidak sempat, Anda bisa memanfaatkan jasa layanan THS – Auto Car Information Complete Home Service untuk servis berkala dan pengecekan sebelum libur akhir tahun di rumah. Kian mudah karena bisa diorder pakai aplikasi Auto Car Information Complete Mobile.

BACA JUGA : Baby On Board, Ini Cara Pasang Child Seat Yang Benar di Mobil Toyota

Untuk Anda yang tidak sempat mengecek atau merasa ada yang kurang enak di mobil saat perjalanan, bisa memanfaatkan Posko Siaga 24 Jam dan Bengkel Siaga 24 Jam milik Auto Car Information Complete yang berada di beberapa lokasi strategis.

Untuk lebih jelas, ini daftarnya. Silakan mampir untuk istirahat dan menikmati fasilitas yang disajikan secara gratis.

3. Isi penuh bensin

Sejatinya di jalan tol trans Jawa sudah ada rest area, namun umumnya penuh oleh pengguna jalan yang ingin isi bensin dan istirahat. Bahkan kerap menyebabkan kemacetan.

Oleh karena itu, isi penuh bensin mobil Anda sebelum masuk tol. Atur strategi kapan waktu isi ulang BBM dengan memanfaatkan fitur MID di mobil.

BACA JUGA : Bukan Hanya Dongkrak, Cek Lagi Peralatan Standar Mobil Sebelum Liburan

Namun bila Anda beruntung menemukan rest area yang tidak padat, segera isi ulang bahan bakar mobil tanpa perlu menunggu bensin di mobil mendekati habis.

Atau bisa juga dengan menggunakan strategi keluar di pintu tol tertentu dan isi bensin di SPBU terdekat. Namun sebelumnya Anda harus memastikan keberadaan pom bensin itu via aplikasi peta digital di gadget.

4. Patuhi aturan lalu lintas

Jangan karena kondisi jalan tol yang masih mulus dan lalulintas relatif lancar membuat Anda berkendara seenaknya. Anda wajib patuh pada batas kecepatan maksimal kendaraan yang telah ditetapkan.

Patuhi rambu lalulintas dan ikuti arahan petugas polisi yang bertugas di lapangan. Patuhi pula marka jalan demi tertib lalulintas dan mereduksi risiko kecelakaan.

Tidak perlu emosi saat terjebak macet karena pengguna jalan lain juga mengalami hal yang sama. Kalau ada pengemudi lain yang agresif, Anda tidak perlu ikut kepancing emosi.

BACA JUGA : Ini Beberapa Sebab Aktor Film Terkenal Beli Alphard di Auto Car Information Complete

5. Jaga kecepatan dan jarak aman

Setiap ruas jalan pasti ada batas kecepatan maksimal, misalnya 100 km/jam. Patuhi rambu tersebut supaya perjalanan Anda berjalan lancar dan aman.

Meski demikian, Anda juga tidak boleh terlalu pelan dan memaksa untuk berjalan di lajur kanan yang hanya dipakai untuk mendahului.

Jangan bersikap agresif saat menemui pengemudi dengan tipe seperti itu. Termasuk pula untuk tidak menggunakan bahu jalan untuk mendahului.

Jaga jarak aman dengan kendaraan di depan supaya Anda punya celah untuk manuver saat dalam kondisi darurat. Kebiasaan berkendara bumper to bumper seperti saat berjalan di dalam kota wajib dihindari.

BACA JUGA : Mau Persiapan Mobil Untuk Liburan Bermodalkan Klik di Layar Ponsel?

6. Siapkan kartu e-Toll

Syarat  mutlak untuk dapat menggunakan jalan tol trans Jawa adalah saldo kartu e-toll yang cukup. Minimal Anda harus pegang dua kartu sebagai cadangan jika ada masalah.

Isi kartu pertama dengan saldo yang besar semisal Rp 1 juta dan kartu kedua lebih rendah sekitar Rp 500 ribu. Jangan takut tidak habis terpakai karena kartu ini juga bisa dipakai untuk belanja di mini market dan tidak ada masa berlaku.

Letakkan kartu di lokasi yang mudah dijangkau dan tidak gampang jatuh atau tercecer.

Hati-hati dengan gerbang tol yang memberlakukan sistem tap in dan tap out di gerbang masuk dan keluar karena hanya bisa dilakukan dengan kartu yang sama (1 kartu).

Source: auto2000.co.id

Komentar