Cara Mudah Mengganti Sendiri Air Radiator Mobil

Cara Mudah Mengganti Sendiri Air Radiator Mobil – Car Information Complete

Cara Mudah Mengganti Sendiri Air Radiator Mobil

Radiator pada mobil merupakan komponen penting untuk mendukung kelancaran sistem kerja mesin mobil. Tugas utama radiator adalah sebagai pendingin suhu pada mesin untuk mendapatkan temperatur yang sesuai yang bisa mendukung kerja mesin agar optimal. Agar radiator awet, tetap bersih dan tidak mampet, maka diperlukan perawatan secara rutin. Misalnya mengganti air radiator setiap pemakaian 20.000 km atau dengan cara mengganti air radiator jika air radiator sudah keruh. Auto Family bisa mengetahui apakah air radiator pada mobil Auto Family sudah keruh atau tidak dengan cara melihat melalui lubang di bagian atas radiator. Auto Family tidak perlu repot-repot datang ke bengkel mobil jika hanya ingin mengganti air radiator pada mobil Auto Family, karena Auto Family bisa melakukannya sendiri di rumah dan caranya pun cukup mudah.

BACA JUGA : Oli Mobil Bocor Hati hati dengan Hal ini

Nah, bagi Auto Family yang ingin mengganti sendiri air radiator pada mobil Auto Family, berikut ini beberapa tahapan yang perlu Auto Family lakukan:

Langkah pertama, buka penutup lubang radiator di bagian atas. Lalu buka juga baut tempat pembuangan air radiator yang terletak di bagian bawah radiator. Setelah itu, biarkan beberapa saat hingga air radiator terbuang semua. Sebelum melakukan proses tersebut, pastikan terlebih dahulu jika kondisi mesin mobil Auto Family dingin, agar tidak mencederai tangan Auto Family. Selain itu, usahakan juga saat melakukan proses tersebut mesin mobil Auto Family dalam keadaan menyala. Hal ini berfungsi agar semua air yang masih tersisa di sistem pendingin mesin terbuang semua.

Setelah bisa dipastikan jika air di radiator sudah terbuang semua, matikan mesin mobil Auto Family dan pasang kembali seperti semula baut pembuangan air radiator di bagian bawah radiator yang sudah Auto Family buka tadi. Dan jika ada, buka baut tempat pembuangan angin. Kemudian isi radiator dengan air bersih atau cairan pendingin radiator (radiator coolant) sampai airnya meluap keluar melalui baut pembuangan angin.

BACA JUGA : Jaga AC Tetap Dingin dengan Cara Ini

Kemudian tutup kembali baut tempat pembuangan angin dan biarkan penutup lubang radiator di bagian atas masih terbuka. Setelah itu nyalakan kembali mesin mobil Auto Family agar kipas radiator berputar dan biarkan mesin mobil tetap hidup hingga temperatur pada speedometer menunjukkan setengah.

Jika volume air pada radiator dirasa masih kurang, Auto Family bisa menambahkan sampai batas maksimal. Dan jika dirasa sudah pas, maka pasang kembali penutup lubang radiator bagian atas.

Selain mengganti air radiator, jangan lupa juga untuk mengecek air pada tangki cadangan radiator (reservoir tank). Jika airnya sudah kotor, buka penutup tangki cadangan radiator dan segera buang airnya dan isi kembali dengan air bersih atau cairan pendingin radiator (radiator coolant) yang baru hingga batas maksimal. setelah itu tutup kembali tangki cadangan radiator dengan rapat.

Lakukan perawatan berkala setiap 6 bulan atau 10.000 km sekali agar kendaraan selalu dalam kondisi yang prima hanya di Auto Car Information Complete Pandeglang.

(Arif Krisna K)

Source: auto2000.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Paham Arti Kode Di Dinding Ban Supaya Tidak Salah Pilih Dan Celaka

Auto Family Sudah Tahu Arti Dari Kode Oli Ini

Penting Atau Tidak Peran Defogger Ketika Musim Hujan