Toyota Express Body Paint Berikan Pengalaman Terbaik Kepada Pelanggan
Toyota Express Body & Paint: Berikan Pengalaman Terbaik kepada Pelanggan
Layanan untuk para pemilik mobil Toyota kini bertambah lagi. Sebagai upaya memenuhi kebutuhan pelanggan dalam hal perawatan dan perbaikan bodi kendaraan, Toyota meresmikan program Express Bodi & Paint, Jum’at (25/5), bertempat di bengkel Auto Car Information Complete Body & Paint Sunter, Jakarta.
Program tersebut diresmikan Presdir PT TAM Johnny Darmawan yang didampingi Marketing Director Shinji Fujii dan CEO Auto Car Information Complete Prodjo Sunaryanto. Acara peresmian itu dihadiri pula oleh unsur muspida setempat, tom management dari diler utama dan asuransi serta tamu undangan lainnya.
Dalam sambutannya, Presdir TAM Johnny Darmawan mengemukakan, body & paint merupakan bisnis penting dalam rangka mewujudkan the best total ownership experience, karena selain membutuhkan perawatan, pelanggan juga membutuhkan perbaikan body & paint selama memiliki kendaraan.
“Toyota Express Body & Paint merupakan wujud komitmen Toyota terhadap usaha peningkatan kepuasan pelanggan melalui the best total ownership experience. Hal itu sekaligus membuktikan konsep Toyota Production System (TPS) bisa diterapkan di luar area produksi sebagai jawaban Toyota terhadap tren kebutuhan pelanggan saat ini dan di masa depan yang lebih mementingkan kapasitas waktu dan kecepatan, selain kualitas pekerjaan,” jelas Johnny.
Senada dengan Johnny, Direktur Marketing PT TAM Joko Trisanyoto menambahkan, seiring dengan meningkatnya populasi mobil Toyota, banyak permintaan pelanggan terhadap perbaikan bodi mobil. “Misi Toyota ialah memberikan pengalaman terbaik atas pemakaian mobil-mobil hasil produksinya, sehingga kepuasan pelanggan dalam pemakaian kendaraan Toyota miliknya menjadi prioritas utama,” ungkapnya.
“Untuk saat ini Toyota Express Body & Paint baru bisa melayani untuk perbaikan jenis kerusakan ringan (light repair), sebab berdasarkan data yang kami miliki, dari keseluruhan mobil Toyota di Indonesia yang melakukan perbaikan, 56% di antaranya merupakan kerusakan ringan. Pengertian light body repair meliputi kondisi baret (pada bodi) dan kerusakan pada tiga panel bodi,” terang Joko.
Kehadiran Toyota Express Body & Paint merupakan sebuah terobosan terbaru dan pengecatan pada mobil. Saat meninjau fasilitas tersebut, para jurnalis menyaksikan secara langsung proses kerja konsep TPS pada masing-masing line yang terdiri atas sembilan stall. Kesembilan stall itu, terdiri atas disassembly/removal, panel repair, putty, surfacer, comby booth, drying, polishing, assembly dan final check. Hebatnya, proses kerja dalam tiap stall itu ditetapkan waktu sekitar 60 menit, sehingga keseluruhan proses kerja Toyota Express Body & Paint untuk light body repair hanya memakan waktu 8 jam.
“Melalui konsep di atas, pekerjaan light body repair yang sebelumnya rata-rata bisa berlangsung selama 3,1 hari (hitungan 1 hari kerja = 8 jam), sekarang hanya 1 hari saja. Dari sisi pelanggan, sejak mobil diterima bengkel hingga pekerjaan light body repair selesai, hanya membutuhkan waktu sekitar 2 hari,” jelasnya.
Dengan kata lain, tujuan akhir yang ingin dicapai dalam proses ini ialah selain memberikan kualitas tinggi terhadap pengerjaan bodi dan pengecatan, Toyota hendak mencapai standar waktu untuk jenis layanan tersebut secara lebih cepat dan janji pengiriman kepada pelanggan yang lebih tepat.
Toyota Express Body & Paint merupakan yang pertama di Indonesia, dengan Indonesia menjadi proyek percontohan ke-15 di seluruh dunia dan ke-5 di Asia, sejak TMC memperkenalkan proyek tersebut pada 2003.
Sumber: Media Indonesia
Source: auto2000.co.id
Komentar
Posting Komentar