Toyota Penuhi Target Amankan Posisi
Toyota Penuhi Target Amankan Posisi
Jakarta – Toyota mengukuhkan posisinya sebagai pemimpin pasar mobil nasional dengan membukukan penjualan 202.519 unit atau pangsa pasar 37,8 persen dari total pasar kendaraan di dalam negeri yang mencapai 535.263 unit pada semester pertama tahun 2012.
Capaian semester I-2012 ini juga sudah melampaui target yang dipatok di awal tahun sebesar 36% dari pangsa pasar.
“Kami bersyukur atas pencapaian semester pertama tahun ini. Raihan positif ini berkat kepercayaan pelanggan yang terus meningkat, selain ditunjang oleh pertumbuhan perekonomian. Keberhasilan ini adalah keberhasilan bersama Toyota dan para pelanggan,” ujar Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor Johnny Darmawan, dalam siaran pers yang diterima detikOto, Selasa (10/7/2012).
Dia mengharapkan performa yang baik tersebut akan terus berlanjut pada semester kedua tahun ini. Toyota, tuturnya, akan melanjutkan konsistensinya dalam memberikan berbagai produk dan teknologi baru yang berkualitas, serta turut berperan aktif dalam merangsang pertumbuhan pasar kendaraan bermotor nasional.
Sepanjang semester I-2012, Toyota menjadi pemimpin di hampir semua segmen kendaraan. Di kelas sedan, Toyota membukukan total penjualan 9.075 unit, dengan market share 57,4% atau tumbuh dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang hanya 49,7%.
Vios dan Limo yang merupakan entry level sedan Toyota, berhasil menjadi kontributor utama penjualan dengan total 6.309 unit atau pangsa pasar sebesar 68,2% di kelasnya. Adapun, sedan Corolla mengalami pertumbuhan paling pesat di kelasnya, yakni dengan market share dari 54,4% menjadi 72%.
Di segmen mobil kompak, Yaris menjadi tulang punggung penjualan dengan 12.910 unit pada enam bulan pertama tahun ini. Pencapaian tersebut meningkatkan pangsa pasar Yaris di kelas compact car dari 30,2% pada semester I/2011 menjadi 36,3% pada semester I/2012.
Penjualan Toyota di segmen MPV mengalami pertumbuhan 25,4% pada semester pertama 2012. Secara kuantitas, segmen MPV dengan line up product Avanza, Innova, dan Alphard, membukukan penjualan 136.694 unit dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 109.016 unit.
Sementara itu, Rush dan Fortuner juga terus mencatatkan angka pertumbuhan. Sepanjang semester I/2012, kedua model ini membukukan total penjualan 28.635 unit atau menguasai pangsa pasar di segmen SUV sebesar 44,4%.
Pada semester I/2012, Toyota membukukan total penjualan 187.934 unit untuk segmen kendaraan penumpang. Hasil ini semakin mengukuhkan dominasi Toyota di pasar kendaraan penumpang dengan pertumbuhan pangsa dari 49,6% menjadi 50,4%.
Pertumbuhan tidak hanya terjadi di segmen kendaraan penumpang. Pada paruh pertama tahun ini, segmen kendaraan niaga yang dengan line up product Hilux dan Dyna membukukan total penjualan 14.297 unit atau tumbuh 26,5% dibandingkan dengan torehan semester yang sama tahun lalu.
Dadan Kuswaraharja – detikOto
Source: auto2000.co.id
Komentar
Posting Komentar