Sekilas Toyota Info Toyota Csr Di Itb Dan Ugm

Sekilas Toyota Info: Toyota CSR di ITB dan UGM – Car Information Complete

Sekilas Toyota Info: Toyota CSR di ITB dan UGM

TOYOTA CSR : Edukasi & Pemberdayaan
DESIGN WORKSHOP & COMPETITION BAGI KALANGAN KAMPUS
Mengasah Talenta Muda Sebagai Persiapan SDM Masa Depan

Masih dalam rangkaian aktifitas di bawah payung Growing Together khususnya di bidang edukasi dan pemberdayaan* , April 2008 ini Toyota mengadakan workshop tentang desain produk di 2 kampus terkemuka Indonesia, yaitu ITB dan UGM. Selain untuk menjembatani dunia industri dengan pendidikan, kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai wahana pengembangan potensi mahasiswa selaku penerus bangsa.

Terkait dengan hal tersebut, Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor mengungkapkan : “Upaya menyediakan wahana sharing informasi dan memberdayakan talenta muda seperti ini telah menjadi salah salah satu agenda utama CSR Toyota. Di antaranya adalah kegiatan Alumni Back To Campus, T-TEP, workshop dan lomba desain iklan, workshop dan lomba fotografi, dll. Semua itu sejalan dengan keinginan kami sebagai pelaku industri yang ingin tumbuh bersama dengan institusi pendidikan dan menjadi good corporate citizen. Kami berharap output dari hubungan sinergis ini dapat bermanfaat bagi kedua belah pihak maupun bagi masyarakat luas.”.

Kedua workshop desain yang diadakan tersebut juga bertujuan untuk lebih memperkenalkan desain produk yang dibutuhkan oleh konsumen (masyarakat maupun pelaku industri) tak hanya secara estetika namun juga mengedepankan sisi fungsionalnya. Berdampingan dengan para pembicara lain yaitu pengajar dari kedua kampus serta pakar dari bidang terkait, di sini Toyota mengulas filosofi desain Toyota serta memperkenalkan proses pengerjaan desain yang dilakukan dalam industri otomotif.

Lebih lanjut, Joko Trisanyoto, Direktur Marketing PT Toyota-Astra Motor menambahkan, “Mendekatkan industri dan dunia pendidikan adalah latar belakang utama kegiatan ini. Karena itu, dalam kedua acara ini kami tidak hanya memberikan informasi atau pelatihan, namun juga menyediakan kesempatan bagi para mahasiswa untuk unjuk potensi serta kita berikan reward kepada hasil terbaik. Dengan demikian, diharapkan motivasi mereka akan terpupuk dan kita dapatkan output yang positif bagi semua pihak.”

Dalam kedua workshop ini, Toyota menggunakan konsep desain produk Kijang Innova sebagai contoh studi. “Kenapa Kijang Innova yang dipilih adalah karena produk ini dibuat berdasarkan riset atas kebutuhan dan selera keluarga Indonesia, sehingga sangat sesuai dengan topik dan memudahkan penyampaian materi dalam workshop karena merupakan contoh product design yang dekat dengan masyarakat Indonesia,” tambah Joko Trisanyoto lagi.

*) Edukasi dan Community Development (philantrophy & pemberdayaan) adalah 2 dari 6 pilar utama aktifitas CSR Toyota – Indonesia di tahun 2008

TOYOTA NATIONAL DESIGN COMPETITION & SEMINAR

Bekerja sama dengan Komunitas Mahasiswa Desain Produk (INDDES) ITB, kegiatan ini diawali dengan seminar dan workshop pada 8 April, bertempat di Campus center ITB. Sebagai pembicara adalah Dosen Fak. Seni Rupa & Desain ITB – Drs. Martinus Pasaribu, M. Sn serta perwakilan dari Toyota Kijang Club Indonesia selaku konsumen, dengan topik Indonesian Family Car Lifestyle. Kemudian pembicara dari Toyota akan dibahas pula mengenai Toyota Design – filosofi, teknik, proses desain Toyota serta bagaimana implementasinya agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, ditutup dengan design workshop How To Design My Car.

Kegiatan ini juga menandai dimulainya Kijang Innova Accessories Design Competition & Car Design Competition yang terbuka bagi seluruh mahasiswa di Indonesia, dengan total hadiah mencapai 84 juta rupiah dan kesempatqn magang 6 di Toyota guna lebih mengasah kecakapan dalam hal desain. Pemenangnya akan diumumkan dalam Indonesian International Motor Show (Juli 2008), dan hasil karyanya juga akan dapat dilihat para pengunjung di booth Toyota. Kompetisi desain berskala nasional ini rencananya akan dijadikan event tahunan.

Dalam Mini Exhibition para mahasiswa dapat melihat langsung sosok Kijang Innova – mobil keluarga Indonesia yang perjalanannya telah lebih dari 30 tahun – generasi pertama dan kelima, serta Toyota Prius – mobil ramah lingkungan dengan desain atraktif, berbagai ilustrasi dari desainer Toyota sebagai pembelajaran untuk mahasiswa mengenai pekerjaan desainer di dalam sebuah industri, dan lainnya.

ETHNOGRAPHY DESIGN WORKSHOP 2008 (EDW) *

Diselenggarakan di Gedung Pasca sarjana UGM & KPTU Fakultas Teknik UGM, 10 – 13 April 2008 bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Teknik Industri UGM, EDW terutama bertujuan untuk memperkenalkan etnografi dan peranannya dalam proses product design. Selaku wakil dari produsen / pelaku industri, Toyota mengulas tentang filosofi desain Toyota serta proses desain yang dilakukan. Selain pembicara dari staf pengajar UGM, juga melibatkan pakar etnografi dalam desain dan marketing – Ibu Amalia E Maulana. Workshop ini terbuka khususnya bagi mahasiswa, serta bagi perusahaan / instansi maupun masyarakat umum.

Tak hanya pemberian materi, peserta juga akan melakukan pengamatan langsung (survei lapangan) terhadap Kijang Innova sebagai contoh produk yang telah mengaplikasikan metode etnografi untuk masyarakat Indonesia dalam pengembangannya. Melalui pengamatan tersebut peserta didorong untuk menggali sisi etnografi dari Kijang Innova dan pada hari terakhir, peserta dalam format grup diharapkan untuk dapat mempresentasikan hasil surveinya. Tersedia penghargaan bagi hasil presentasi terbaik.

*) Ethnography : cabang ilmu antropologi yang berarti “mendeskripsikan suku bangsa”. Melalui metode ini produsen dapat menggali lebih dalam segala sesuatu menyangkut suatu kelompok konsumen, sehingga dapat mengetahui kebutuhan konsumen secara langsung.

6 PILAR UTAMA AKTIFITAS CSR TOYOTA DI INDONESIA TAHUN 2008

  • Environment
    Contoh aktifitas : Aktifitas penghijauan, pengembangan bahan bakar alternatif, Eco Youth, dll
  • Traffic safety
    Contoh aktifitas : sosialisasi Smart Driving
  • Education
    Contoh aktifitas : transfer ilmu & teknologi Toyota, mensupport program-program pendidikan, pengembangan potensi di dunia pendidikan, pemberian beasiswa
  • Arts & Culture
    Contoh aktifitas : mensupport pengembangan dan promosi seni & budaya Indonesia
  • Community Development
    Contoh aktifitas : aktifitas philanthropy dan pemberdayaan untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan lingkungan sekitar
  • Volunteer Activity
    Contoh aktifitas : donasi untuk korban bencana alam

– KIJANG INNOVA ACCESSORIES DESIGN COMPETITION –

(BAGIAN DARI KEGIATAN TOYOTA NATIONAL DESIGN COMPETITION & SEMINAR)

Latar belakang

  • Konsep Growing Together dari Toyota : dalam hal ini dengan merangkul pihak civitas akademika dan memberikan wadah pengembangan talenta muda.
  • Desain merupakan salah satu poin penting di dunia industri otomotif, selalu bergerak dan membutuhkan kreatifitas baru untuk memperkaya khasanah desain yang ada.
  • Kebutuhan akan wahana yang menjembatani dunia industri dengan pendidikan

Tujuan penyelenggaraan

  • menjembatani kebutuhan dunia industri dengan potensi yang ada di institusi pendidikan

  • wahana yang dapat menampung dan mendukung pengembangan talenta muda
  • sebagai output-nya diharapkan akan muncul suatu desain baru yang inovatif yang dapat menjawab kebutuhan konsumen à lebih menggairahkan industri otomotif

Target Peserta & Persyaratan :

  • Peserta : Seluruh mahasiswa dari seluruh perguruan Tinggi di Indonesia, perorangan maupun tim (maks 3 orang /tim)
  • Periode pendaftaran : 9 April – 31 Mei 2008
  • Cara mengikuti : mengirimkan desain dalam bentuk skema rendering (2D atau 3D), konsep desain, gambar teknik/mekanik, serta kartu tanda mahasiswa, via email maupun pos

Tema :

Active & Stylish Young Family (desain aksesori untuk Kijang Innova)

Juri :

  • Direktur Marketing PT Toyota-Astra Motor
  • Pengajar ITB
  • Desainer Toyota

Penghargaan pemenang :

  • kesempatan magang 6 bulan di Accessories Dept. untuk pemenang utama
  • karya pemenang akan ditampilkan dalam Indonesian International Motorshow 2008
  • hadiah senilai total Rp 84 juta bagi 15 pemenang (termasuk Car Design Competition)

Hak intelektual atas karya pemenang dipegang oleh Toyota

 

Source: auto2000.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ciriciri Thermostat Mobil Rusak Dan Cara Mudah Mengatasinya

Modifikasi Ringan Bikin Calya Lebih Nyaman

Toyota Mengenalkan Teknologi Hybrid Kepada Siswa Sekolah Dasar