Satu Indonesia Awards 2012 Dicari Generasi Muda Inspiratif Berkarya Untuk Negeri

SATU Indonesia Awards 2012: Dicari, Generasi Muda Inspiratif Berkarya untuk Negeri – Car Information Complete

SATU Indonesia Awards 2012: Dicari, Generasi Muda Inspiratif Berkarya untuk Negeri

SATU Indonesia Awards 2012
Dicari, Generasi Muda Inspiratif Berkarya untuk Negeri

JAKARTA : Saling bertukar gagasan dan memunculkan ide baru untuk kemajuan Indonesia mengemuka dalam diskusi yang bertema “Karya dan Inovasi, Menjadi Inspirasi Membangun Negeri” di FX Plaza, Jakarta Selatan hari ini, Rabu 28 Maret 2012. Dengan semangat yang sama, ingin membangun tunas-tunas bangsa tumbuh menjadi generasi penerus yang berani menghadapi tantangan masa depan menuju Indonesia yang lebih baik.

Diskusi ini diadakan bersamaan dengan Kick Off SATU Indonesia Awards 2012 (Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia) yang digelar oleh PT Astra International Tbk sebagai ajang untuk mengapresiasi generasi muda yang berkontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar bagi kemajuan bangsa Indonesia ke depan.

Dalam diskusi yang dihadiri beberapa komunitas dan narasumber saling berbagi pengalamannya, Tri Mumpuni (Puni) pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan (Ibeka) yang dikenal dengan “Wanita Penerang Desa” bercerita tentang bagaimana melahirkan ide kreatif dan semangat membangun secara mandiri. Amilia Agustin pelajar SMA XI Bandung, yang dijuluki “Ratu Sampah Sekolah” sejak SMP membentuk komunitas yang mengelola sampah berbasis sekolah, Go To Zero Waste School dan ketika SMA menerapkan metode “From Trash to Trashion” yakni pengolahan limbah plastik dan limbah kain perca diubah menjadi tas cantik serta pengolahan sampah organik dengan metode kompos. Lain halnya dengan Andi Taufan pemuda berusia 25 tahun yang mengembangkan lembaga keuangan mikro yang menyediakan layanan bagi masyarakat kurang mampu dan berpenghasilan rendah di Ciseeng, Bogor. Amilia Agustin adalah pemenang SATU Indonesia Awards 2010 dan Andi Taufan tahun 2011.

SATU Indonesia Awards 2012
Dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda, PT Astra International Tbk kembali menggelar SATU Indonesia Awards 2012 yang telah memasuki tahun ketiga. SATU Indonesia Awards mencari generasi muda berusia 20-35 tahun yang telah memberi kontribusi positif untuk kemajuan masyarakat sekitar di bidang Lingkungan, Pendidikan, Teknologi, Kesehatan dan Ekonomi/Kewirausahaan. Kontribusi tersebut berupa kegiatan yang dapat membantu dan mengusahakan orang lain untuk bisa menjadi mandiri dengan memberikan solusi, pelatihan, cara atau alat, bukan sekedar memberikan sumbangan atau donasi yang berdampak sementara. Kriteria penilaian didasarkan pada parameter yaitu Motif (Ide), Hasil, Jangkauan dan Kesinambungan.

Pendaftaran dan penjaringan peserta SATU Indonesia Awards 2012 dimulai pada hari ini, 28 Maret 2012 hingga 28 Agustus 2012 yang dilanjutkan dengan beberapa tahap seleksi dan penjurian hingga terpilih 5 penerima apresiasi. SATU Indonesia Awards 2012 akan diberikan bertepatan dengan perayaan hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2012 mendatang.

Dewan Juri SATU Indonesia Awards 2012 terdiri dari : Onno Purbo (Pakar Teknologi Informasi), Rachmat Witoelar (Menteri Negara Lingkungan Hidup tahun 2004-2009), Tri Mumpuni (Pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan), Fasli Jalal (Wakil Menteri Pendidikan Nasional Indonesia tahun 2010-2011), Nila Moeloek (Ketua MDG’s), dari PT Astra International Tbk dan Tempo Media Group. SATU Indonesia Awards 2012 bekerjasama dengan Tempo Media Group dan untuk informasi selengkapnya dapat dilihat di www.satu-indonesia.com

PT Astra International Tbk akan memberikan bantuan dana masing-masing senilai Rp 55 juta dan pembinaan kegiatan bagi para penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2012. SATU Indonesia Awards bukan hanya sebagai apresiasi namun juga untuk membangkitkan semangat generasi muda untuk terus berkarya dan berinovasi untuk Negeri, sejalan dengan Catur Dharma Astra “Menjadi milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara.” Dengan semangat Sumpah Pemuda, mari kita bersama-sama senantiasa memberikan yang terbaik untuk Berbagi Bersama Bangsa.

Pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan Tri Mumpuni (Kedua dari Kanan), Pendiri lembaga keuangan mikro bagi masyarakat tidak mampu Andi Taufan (Peraih Apresiasi Satu Indonesia Awards 2011) (Kiri), “Ratu Sampah Sekolah” pembentuk komunitas pengelolaan sampah berbasis sekolah Amilia Agustin (Peraih Satu Indonesia Awards 2010)(kedua dari kiri) dan Moderator Mardiah Chamin (kanan) pada acara diskusi “ Karya dan Inovasi, Inspirasi Membangun Negeri” & Kick off Satu Indonesia Awards 2012 (28/03).

Jakarta, 28 Maret 2012
PT Astra International Tbk

 

Yulian Warman
Head of Public Relations Division

Source: auto2000.co.id

Komentar