Pasar Otomotif Nasional Februari 2008 Penjualan Toyota Naik 2 432 Unit
Pasar Otomotif Nasional Februari 2008: Penjualan Toyota Naik 2.432 Unit
JAKARTA -Memasuki Februari 2008, penjualan Toyota mengalami peningkatan hingga mencapai angka 16.183 unit atau 34,1% market share. Dibandingkan dengan bulan sebelumnya, berarti penjualan Toyota tersebut tumbuh hampir 18%, atau lebih tinggi daripada pertumbuhan total pasar otomotif nasional yang sebesar 14,8%. Angka kumulatif penjualan Toyota 2008 adalah 29.934 unit atau 170% dari angka penjualan Toyota pada periode yang sama tahun sebelumnya (Jan-Feb 2007).
Peningkatan yang dialami Toyota tersebut terlihat baik untuk kendaraan non-komersil maupun komersil. Pada pasar kendaraan non-komersil, penjualan Toyota mencapai 14.579 unit (42,6%) atau bertambah 1.816 unit dari bulan sebelumnya. Penjualan nasional di pasar ini adalah 34.228 unit. Sedangkan untuk kendaraan komersil, Toyota mencatatkan peningkatan sebesar 62,3% dari bulan sebelumnya, dengan jumlah 1.604 unit.
"Dengan adanya peningkatan signifikan pada penjualan Toyota di pasar kendaraan non-komersil maupun komersil tersebut, pada bulan Februari lalu Toyota mencatatkan kenaikan jumlah penjualan hingga 2.432 unit dan tetap memimpin pasar otomotif nasional," ujar Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor. "Demikian pula jika kita lihat per segmen maupun per kelas, di mana Toyota juga menduduki posisi puncak. Misalnya di segmen sedan, 4×2 maupun 4×4. Produk-produk Toyota juga memimpin di kelasnya, seperti Vios di kelas mini sedan, Camry – Medium Sedan, Avanza – Low MPV, Kijang Innova – Medium MPV dan Fortuner 4×4."
Pada bulan Februari lalu, penjualan Vios mencapai 785 unit atau 35,6% dari penjualan kelas mini sedan sebesar 2.204 unit. Camry mencatatkan angka 304 unit atau 47,7% dari penjualan kelas medium sedan yang mencapai 637 unit. Sementara itu penjualan di kelas 4×2 Low adalah 12.277 unit, dimana Avanza menguasai 46,5% pangsa pasar dengan jumlah unit 5.709. Kijang Innova memimpin kelas Medium MPV dengan jumlah unit 4.670 atau 65,2% dari jumlah total penjualan di kelas tersebut yang mencapai 7.160 unit.
Jumlah total pasar otomotif nasional pada bulan Februari adalah 47.507 unit, dengan komposisi 3 besar : Toyota (34,1%), Suzuki (13,9%) dan Mitsubishi (13,6%). Angka kumulatif penjualan nasional Januari-Februari adalah 88.887 unit.
Segmen Kendaraan Non-Komersial
Pasar Sedan
Toyota memimpin pasar sedan dengan angka penjualan yang berkembang lebih dari 333% bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya, mencapai 1.603 unit. Vios dan Camry menjadi market leader di kelasnya masing-masing, sementara Corolla Altis mencatatkan angka penjualan 241 unit.
Pasar Kendaraan 4×2
Di pasar kendaraan 4×2, penjualan nasional mencapai 30.575 unit di mana Toyota mendominasi dengan angka 12.895 unit. Avanza dan Kijang Innova tetap memimpin, sedangkan penjualan Toyota Yaris meningkat 36,3% dari bulan sebelumnya dengan angka penjualan mencapai 784 unit, dan Rush terjual 995 unit.
Pasar Kendaraan 4×4
Produk Toyota di kelas ini, Toyota Fortuner 4×4, tetap menjadi market leader di kelas Medium dengan penjualan 72 unit atau pangsa pasar 75%. Pasar nasional di kelas ini terhitung turun dibanding bulan sebelumnya, dengan penjualan sebesar 110 unit.
Segmen Kendaraan Komersial
Penjualan nasional di segmen kendaraan komersial bulan Februari mencapai 13.279 unit, naik 10,6% dari jumlah penjualan bulan sebelumnya. Toyota Dyna menyumbang 950 unit atau 18,8% m/s kelas 2 ton di segmen ini.
Source: auto2000.co.id
Komentar
Posting Komentar