Penting Ini Cara Yang Benar Melakukan Rotasi Ban Mobil

Penting! Ini Cara yang Benar Melakukan Rotasi Ban Mobil – Car Information Complete
Penting! Ini Cara yang Benar Melakukan Rotasi Ban Mobil

Penting! Ini Cara yang Benar Melakukan Rotasi Ban Mobil

Auto2000.co.id – Perawatan merupakan kunci utama untuk menjaga kondisi mobil tetap prima. Ada perawatan yang harus datang ke bengkel, bisa juga dilakukan sendiri, salah satunya merotasi ban.

Rotasi ban dilakukan untuk menjaga agar keseimbangan level keausan empat ban tetap terjaga. Kembangan ban jadi rata dan menipis dengan seimbang, jadi tidak belang sebelah, istilahnya.

Namun, masih banyak pemilik mobil suka melupakan perawatan ini. Padahal, secara fungsi perannya yang cukup penting, dan butuh pengetahuan yang tepat untuk melakukannya sendiri.

Deni Andrian, Kepala Bengkel Auto Car Information Complete Grand Depok City (GDC), mengatakan, secara aturan, rotasi ban yang menggunakan ban dalam (bias) dengan tubeless berbeda.

BACA JUGA : Ini Yang Auto Car Information Complete Lakukan Untuk Bantu Korban Tsunami Anyer dan Lampung

Untuk ban bias, cukup melakukannya dengan cara crossing atau menyilang, sedangkan ban tubeless dari depan ke belakang atau sebaliknya.

“Jadi tidak boleh sembarangan melakukan rotasinya. Ada aturannya tersendiri agar tidak terjadi kesalahan,” ujar Deni di Jakarta.

Deni melanjutkan, aturan lainnya yaitu disarankan juga melakukan rotasi setiap 10.000 km atau ketika servis berkala di bengkel resmi Auto Car Information Complete. Teknisi di Auto Car Information Complete akan menyarankan dan meminta izin kepada pemilik mobil untuk melakukan rotasi.

“Jadi bukan tidak ada aturannya, semuanya ada aturannya. Paling benar sesuai dengan yang telah direkomendasikan oleh pabrikan atau bengkel resmi,” kata Deni.

BACA JUGA : Ini Beberapa Sebab Aktor Film Terkenal Beli Alphard di Auto Car Information Complete

Melakukan rotasi ban di bengkel resmi Auto Car Information Complete, kata Deni akan lebih baik karena dipastikan tidak akan salah, dan memang harus dicek dulu kondisi ban yang akan dirotasi.

Apabila ban depan lebih gundul, maka tidak boleh dirotasi. Harus dicari ban yang ketebalannya masih bagus karena untuk bagian depan untuk mengatur laju mobil.

“Kami juga akan pastikan dulu ini ban bias atau tubeless, dan kondisi bannya seperti apa. Setelah semuanya baik-bak saja maka akan kita lakukan rotasi,” terangnya.

“Kemudian kalau di Auto Car Information Complete akan dilakukan juga spooring dan balancing untuk keseimbangan mobil tersebut,” tutup Deni.

Source: auto2000.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Paham Arti Kode Di Dinding Ban Supaya Tidak Salah Pilih Dan Celaka

Auto Family Sudah Tahu Arti Dari Kode Oli Ini

Penting Atau Tidak Peran Defogger Ketika Musim Hujan