Bahaya Ini Sebab Anda Tidak Boleh Asal Pasang Roof Rack Dan Roof Box

Bahaya, Ini Sebab Anda Tidak Boleh Asal Pasang Roof Rack dan Roof Box – Car Information Complete
Bahaya, Ini Sebab Anda Tidak Boleh Asal Pasang Roof Rack dan Roof Box

Bahaya, Ini Sebab Anda Tidak Boleh Asal Pasang Roof Rack dan Roof Box

Auto2000.co.id – Biasanya musim libur akhir tahun, seperti Natal dan tahun baru banyak dimanfaatkan untuk pergi ke luar kota bersama keluarga atau kerabat.

Namanya jalan-jalan, pasti barang bawaan jadi lebih banyak dari normal, sehingga butuh ruang penyimpanan ekstra, tanpa menghilangkan kenyamanan kabin mobil.

Kalau bagasi sudah full, pilihan logis adalah menyimpan barang bawaan di atap mobil. Memanfaatkan teknologi atau kelengkapan yang disebut roof rack dan roof box.

Fungsinya sederhana, menjadikan mobil sanggup membopong barang bawaan di bagian atap, sehingga kondisi di dalam kabin, tetap lapang, tanpa barang berlebih.

BACA JUGA : Auto Car Information Complete Menyiapkan Program Bengkel untuk Meringankan Beban Pelanggan Toyota yang Terdampak Gelombang Tsunami Anyer-Lampung

Penting untuk dipahami adalah, tidak semua jenis mobil dikondisikan untuk mengaplikasi kompartemen tambahan berupa roof rack atau roof box.

Suparna, Kepala Bengkel Auto Car Information Complete Salemba, menjelaskan, jenis mobil yang ideal menggunakan kompartemen tambahan di bagian atap adalah yang sudah dilengkapi dengan roof rail dari pabrikan.

Biasanya, jenis mobil yang paling umum dilengkapi fitur roof rail adalah sport utility vehicle (SUV). Tapi sekarang model MPV pun sudah mulai menggunakan.

“Biasanya SUV sudah pakai roof rail, yang memang berguna sebagai penyangga roof box atau roof rack,” jelasnya.

“Artinya memang peruntukannya sudah didesain agar bisa mengaplikasi kompartemen tambahan di atap, kalau di Toyota itu seperti All New Fortuner atau All New Rush,” kata Suparna.

BACA JUGA : Selamat Kepada 22 Pengisi Tercepat Program Spesial Hari Ibu Dari Auto Car Information Complete

Suparna menjelaskan, meski banyak produk roof rack aftermarket yang ada di pasar, baiknya lebih bijaksana dalam mengambil keputusan.

Faktor utama yang wajib didahulukan adalan keamanan dan keselamatan. Pasalnya, misalnya mobil bergenre MPV, hatchback, apalagi city car, karena secara kekuatan jelas berbeda dengan SUV.

Bila memaksa menggunakan roof box atau roof rack, maka ada efek samping yang bisa merugikan. Termasuk menciptakan kerugian material jika sampai atap mobil penyok sehingga butuh perbaikan tidak murah.

“Efek pengunaan roof box atau roof rail pada mobil yang memang tidak direkomendasikan bisa berbahaya,” terang Suparna.

“Pertama faktor kenyamanan berkendara akan terganggu karena beban mobil yang lebih berat, lalu bila terlalu tinggi akan mengoreksi center of gravity mobil sehingga saat melaju di tikungan bisa  berbahaya,” tutupnya.

Source: auto2000.co.id

Komentar